Cerita Dian Sastrowardoyo Bermain Sekaligus Produseri Film Guru-Guru Gokil

Rivan Yuristiawan22 Jan 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 16:45 WIB
[Fimela] Dian Sastrowardoyo

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 menjadi langkah baru karier Dian Sastrowardoyo di industri hiburan tanah air. Hampir dua dekade berkecimpung di seni peran sebagai aktris film, Dian Sastro kini mulai memberanikan diri memulai jalan menjadi seorang produser film.

Film pertama yang diproduseri Dian Sastrowardoyo begenre drama komedi dengan judul Guru-Guru Gokil. Bekerjasama denga BASE Entertainment, istri dari Indraguna Sutowo itu dipercaya sebagai creative producer di film tersebut.

Menjadi pengalaman pertamanya sebagai produser Dian Sastrowardoyo mengaku banyak belajar. Ia menganggap, tema guru yang diangkat di film tersebut pun berbanding lurus dengan pelajaran dan pengalaman saat terlibat di produksi Guru-Guru Gokil sebagai seorang produser.

"Saya produser kreatif, pengalaman belajar saya sih. Bikin film tentang guru, produser pertama ini juga belajar, saya anggap pengalaman adalah guru untuk memproduksi film ya. Karena saya belum pernah produksi film sebelumnya," ungkap Dian Sastrowardoyo saat peluncuran teaser poster dan teaser trailer film Guru-Guru Gokil di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (21/1/2020).

Pecah Konsentrasi

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo menjadi produser dan pemain di film Guru-Guru Gokil (Daniel Kampua/Fimela.com)

Tak hanya sebagai produser, Dian Sastrowardoyo pun turut berperan dalam film yang disutradarai oleh Sammaria Simanjuntak tersebut. Dalam perannya, Dian memainkan karakter bernama Nirmala, seorang guru Kimia.

Diakui Dian, menjadi produser sekaligus pemain dalam sebuah project bukanlah hal yang mudah. Ia dipaksa untuk bisa memecah konsentrasi, kapan harus bertindak sebagai produser, dan kapan harus mendalami perannya di film.

"(Tantangannya) Harus mecah otak gitu. Aku terlibat sejak penulisan, jadi aku ikut masuk ke penulisan, sudah nulis mecah karakter, ternyata, 'damn gua harus main di salah satu karakternya'. Jadi ya harus siap memainkan karakternya. Suka nyesal kenapa anjurkan karakter gua begini, terus gua memerankan, jadi suka nyesel sendiri lah," paparnya seraya tertawa.

Belajar

[Fimela] Dian Sastrowardoyo
Dian Sastrowardoyo menjadi produser dan pemain di film Guru-Guru Gokil (Daniel Kampua/Fimela.com)

Meski begitu, bagi Dian Sastrowardoyo tak ada kata lain selain belajar. Dian mengaku sangat menikmati segala keribetan berakting sekaligus menjadi produser dalam waktu yang bersamaan.

Menurutnya, pengalaman menjadi produser sekaligus pemain di Guru-Guru Gokil membuka pengetahuan baru baginya dari sisi produksi sebuah film layar lebar. Hal yang akhirnya ia syukuri sudah mendapatkan kesempatan tersebut.

"Belajar itu adalah proses yang harus dinikmati. Ya saya berguru pengalaman dari pekerjaan produser ini," pungkas Dian Sastrowardoyo.

Tentang Film

[Fimela] Guru-Guru Gokil
Para pemain di film Guru-Guru Gokil (Daniel Kampua/Fimela.com)

Film Guru-Guru Gokil sendiri bercerita tentang Taat (Gading Marten) yang berambisi untuk sukses namun selalu menemukan kegagalan dalam kariernya. Sampai pada saatnya, keadaan memaksa Taat untuk menjadi guru pengganti di sebuah sekolah yang sedang mengalami insiden. Persahabatannya dengan para guru yang masih tetap berdedikasi mengajar walaupun di tengah kemalangan itu lah yang akhirnya membuka pandangan Taat terhadap hidup.

"Ini menceritakan perjalanan seseorang mencari jati diri lewat hal yang tidak biasanya, dan dengan cara di luar dari kebiasaan," papar Dian.

Selain Dian Sastrowardoyo dan Gading Marten, Guru-Guru Gokil juga melibatkan nama-nama seperti Faradina Mufti, Boris Bokir, Kevin Ardilova, Shakira Jasmine, Ibnu Jamil, dan beberapa nama lainnya. Rencananya, film Guru-Guru Gokil akan mulai tayang di jaringan bioskop tanah air pada April 2020 mendatang. 

Saksikan Video Pilihan Berikut

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by