4 Band Indonesia yang Kerap Gonta-Ganti Vokalis

Nizar Zulmi29 Jan 2020, 16:08 WIB
[Fimela] Yovie And Nuno

Fimela.com, Jakarta Memiliki banyak pendengar dan penggemar adalah hal yang diidamkan para musisi dalam band. Namun dalam perjalanannya tak jarang mereka harus menghadapi dinamika di dalam tubuh mereka sendiri.

Memang, bongkar pasang personel adalah hal yang cukup lumrah bagi sebuah band. Namun bagaimana jika posisi yang diganti itu adalah sang vokalis?

Nyatanya beberapa band Indonesia ini sempat berganti vokalis lebih dari sekali. Siapa saja mereka?

Cokelat

Band Cokelat
Cokelat

Cokelat merupakan salah satu band rock yang berjaya di awal 2000an. Seiring berjalannya waktu mereka pun mengalami sejumlah perubahan dalam formasi.

Kikan menjadi vokalis pertama yang membawa nama besar Cokelat. Tahun 2010 ia hengkang dan posisinya diisi oleh Sarah Hadju yang sayangnya hanya bertahan setahun.

Cokelat kemudian menemukan Jackline yang meneruskan perjuangan Cokelat bersama Erwin, Ronny dan Axel. Namun awal Januari 2020 jadi momen baru bagi Cokelat setelah Jackline mundur dari band, dan kini Aiu Ratna didapuk sebagai frontwoman.

Yovie and Nuno

7 Potret Transformasi Dikta Yovie & Nuno, Dikabarkan Dekat dengan Enzy Storia
Dikta Yovie & Nuno (Sumber: Instagram/dikta)

Yovie Widianto membentuk Yovie and Nuno dengan karakter yang berbeda dari Kahitna. Menggaet para bakat muda, grup musiknya berhasil memberi warna baru di industri saat itu.

Yovie and Nuno awalnya dibentuk dengan formasi satu vokalis, yakni Dudi Oris. Kemudian memasuki album kedua Yovie memasukkan Gail sebagai vokalis kedua, sebelum ia hengkang setelah album kedua rilis.

Dudi jadi member berikutnya yang mundur, dan kini posisinya digantikan Windura. Saat ini Yovie juga lebih fokus menjadi produser band tersebut ketimbang sebagai personel.

Drive

[Fimela] Drive Band
Drive Band (Deki Prayoga/Fimela.com)

Grup musik Drive juga mengalami dinamika yang cukup signifikan sepanjang karier mereka. Drive mengawali dan menuai sukses di masa Anji sebagai vokalis mereka, sebelum ia hengkang untuk bersolo karier.

Posisi vokalis Drive pun serasa keramat karena bukan tugas mudah menggantikan Anji yang berkarakter. Beberapa vokalis sempat mengisi posisi tersebut seperti Tirta, Umaru Takaeda hingga akhirnya kini diemban oleh Rizki eks The Titans.

ADA Band

ADA Band
Keluar dari Lyla, Naga kini mengisi kekosongan di posisi vokalis ADA Band. (Instagram ada_indonesia)

Perubahan juga dialami band kawakan ADA Band. Sempat membawa musik rock yang cukup kental di era Baim, ADA Band berubah arah dengan masuknya vokalis Donnie Sibarani.

Namun beberapa waktu lalu Donnie menyatakan mundur, dan ADA Band sempat mengajak Dudi Oris sebagai vokalis sementara. Selain Dudi, Marshal dan Dika juga mengajak Naga, yang saat ini telah ditetapkan sebagai vokalis tetap.

Simak juga video rekomendasi berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓