Sukses

Entertainment

Teuku Wisnu Sisipkan Ilmu Agama untuk Anak Lewat Serial Animasi

Fimela.com, Jakarta Media audio visual memang menjadi hal yang dianggap efektif untuk memberikan edukasi. Sadar akan hal tersebut, dua publik figur yaitu Teuku Wisnu dan Arie Untung akhirnya membuat sebuah project animasi yang ingin menginspirasi dan mengedukasi lewat tayangan yang tak hanya menghibur, tapi juga mendidik.

Lewat Garis Sepuluh Corporation, Teuku Wisnu, Arie Untung dan Yuda Wirafianto mendirikan perusahaan content creator dan meluncurkam karya perdananya lewat serial animasi anak berjudul Riko The Series.

Ditemui di kawasan Pati Unus, Kebayoran Baru, Minggu (9/2/2020), Teuku Wisnu menuturkan jika Riko The Series ini merupakan serial animasi untuk anak-anak yang memuat banyak kisah inspiratif.

"(Riko The Series) Isinya tentang science dan ilmu agama. Bagaimana kita berharap anak-anak kita mencintai science dan Al-Qur'an, terkadang kita menyelipkan sirah-sirah, sejarah-sejarah yang masih relevan dengan alur cerita, ilmuan di dinasti Abbasiyah atau apapun, sehingga masih relevan banget," ungkap Teuku Wisnu.

Mudah Diterima Anak

Mengenai media animasi yang dipilih sebagai cara memberikan edukasi pendidikan berkonsep agama pada anak-anak, suami dari Shireen Sungkar itu pun mengemukakan alasannya. Menurutnya, serial animasi yang setiap episodenya akan tayang di YouTube itu menyuguhkan bentuk visual yang menarik untuk anak-anak.

"Karena memang yang paling gampang ditransfer ke anak-anak animasi sepertinya. Selama ini kita dikasih tahu jangan beri tontonan ke anak-anak karena nggak baik buat mereka, terkadang kita bingung, bagaimana solusinya? Bagi kami untuk menghilangkan (tontonan yang tidak mendidik) itu sangat susah, jadi kalau guru kami bilang, 'harus cari solusinya', solusinya adalah dikasih tayangan yang bermanfaat," papar Teuku Wisnu.

Melihat Peluang

Berkaca dari hal tersebut, didukung oleh perkembangan teknologi yang ada sekarang, Teuku Wisnu bersama dengan pihak yang terlibat pun merasa bertanggung jawab untuk memberi tontonan yang menghibur serta mendidik lewat Riko The Series.

"Sebenarnya tayangan yang bermanfaat banyak banget, Alhamdulillah yang paling ini Nussa ya, banyak anak-anak kita nonton dan pengaruhnya begitu luar biasa, bagaimana anak-anak kami ikut-ikutan nonton Nussa jadi baik dalam melakukan hal-hal yang kecil. Nah disinilah tercetus ide animasi untuk anak-anak, karena Insyaallah lebih gampang banget untuk mentransfer ilmu ke anak-anak karena ada edukasi dan entertainment juga, jadi insyaallah anak-anak senang juga dan dibuat lebih ringan sehingga anak-anak juga gampang untuk menyerap ilmu yang kita sampaikan di animasi tersebut," pungkasnya.

Tentang Riko The Series

Episode pertama Riko The Series sendiri saat sudah bisa dinikmati anak-anak. Diceritakan, Riko adalah seoranganak yang enerjik, ceria dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Rasa ingin tahu Riko yang tinggi membuatnya selalu bertanya-tanya dan senang bereksperimen terhadap hal-hal baru yang ada disekelilingnya. Sifat-sifat yang tergambar dalam sosok Riko diharapkan dapat menginspirasi dan menumbuhkan rasa ingin tahu serta daya ekplorasi anak.

Riko the series yang mengusung tema hiburan yang mendidik menjadikan Riko memiliki rentang usia target penonton yang lebih luas dari animasi pada umumnya. Sajian animasi yang atraktif dan menghibur akan sangatcocok untuk anak usia dibawah 10 tahun, sedangkan sisipan sains & ilmu pengetahuan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak usia 10 tahun keatas.

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading