10 Fakta Jon Bon Jovi yang Tak Banyak Diketahui Orang

Nizar Zulmi24 Feb 2020, 16:08 WIB
Bon Jovi-iHeartRadio Music Awards 2018

Fimela.com, Jakarta Sejarah mencatat rekam jejak seseorang dengan apa yang dilakukannya. Waktu telah membuktikan Jon Bon Jovi sebagai salah seorang legenda rock dengan sepak terjangnya di kancah musik.

Pemilik nama John Francis Bongiovi Jr/ ini tak hanya dikenal dengan aksi panggungnya yang karismatik. Karya-karya yang ia ciptakan juga tak kalah melegenda, dari era 80an hingga 2000an, nyaris tak pernah gagal membuat orang turut bernyanyi.

Jon Bon Jovi, lebih dari sekedar prestasinya di kancah musik. Dalam kehidupannya sebagai seorang pria asal New Jerysey, Jon punya banyak sisi menarik. Berikut beberapa fakta di balik pentolan band Bon Jovi tersebut.

1. Andil Sepupu

Kesuksesan Bon Jovi sebagai band legendaris bukan tanpa perjuangan. Beruntungya perjuangan itu juga didukung oleh para keluarga, termasuk sepupu Jon, Tony Bongiovi.

Di usia 17 tahun, Jon dan rekan bandnya menghabiskan banyak waktu di studio milik Tony. Sebagai ganti ia juga bekerja membantunya di studio rekaman, bahkan hingga menyapu dan mengepel lantai.

Jon `Bon Jovi`
Jon `Bon Jovi` (Instagram/ jonbonjovi)

2. Jon dan Cher

Keberuntungan Jon Bon Jovi rupanya juga menular ke Cher. Di masa-masa akhir 80an, ia membantu Cher memproduksi album perdananya. Dengan bantuan Bon Jovi, Cher berhasil meraih platinum dengan album self-titled perdananya itu.

3. Karier Akting

Bon Jovi meraih masa keemasan di era 90an. Akhirnya banyak yang melirik sang vokalis untuk melebarkan sayap di dunia akting.

Akhirnya ia membintangi sejumlah film seperti Moonlight and Valentino dan Destination Anywhere: The Film. Total dari tahun 1990 hingga 2011 Jon telah muncul di setidaknya 11 film layar lebar.

4. Penghargaan Tertinggi

Dengan gemilang kariernya dengan musik slow rock, Bon Jovi telah mengoleksi banyak penghargaan bergengsi. Namun beberapa di antaranya hanya bisa diraih oleh musisi legendaris, seperti Songwriters Hall of Fame, dan Rock and Roll Hall of Fame atas pencapaian kariernya.

[Bintang] Bon Jovi
Tentu saja hal itu bukanlah tanpa strategi. Hal ini terjadi karena trik yang dilakukan untuk konser. (instagram/bonjovi)

5. Gelar

Tak ada kata terlambat untuk belajar dan mengejar pendidikan. Begitu pula dengan Jon Bon Jovi yang ternyata memiliki gelar honorary Doctor of Music degree dari University of Pennsylvania pada tahun 2019 kemarin.

6. Resep Sukses

Setiap band memiliki cara masing-masing untuk menggapai sukses. Bagi Jon Bon Jovi, caranya adalah dengan memilih para member yang tidak ia kenal, baik secara pertemanan maupun keluarga.

Dengan itu ia leluasa menggunakan namanya sebagai nama band, dan hubungan itu pun memberi dampak positif dari segi profesionalisme.

[Bintang] Bon Jovi
Akan melakukan tur, hal ini dimanfaatkan agar penjualan album bisa meningkat drastis. (instagram/bonjovi/davidbergman)

7. Keluarga

Bon Jovi punya ikatan kuat dengan New Jersey, tempat ia lahir dan tumbuh besar. Namun bakat bermusik yang ia miliki ternyata tidak berasal dari keluarganya.

Sang ayah merupakan seorang angkatan laut, dari keturunan Sisilia dan Slovakia. Sementara ibunya juga seorang angkatan laut yang memiliki toko bunga. 

8. Filantrofi

Kebaikan selalu ada dalam diri seseorang, tergantung bagaimana ia mewujudkannya. Bon Jovi dikenal sebagai seorang filantrofis, orang yang paling ringan tangan soal kemanusiaan dan isu sosial.

Bahkan ia memiliki yayasan sendiri di Philadelphia untuk kegiatan amalnya. Tahun 2010 ia juga berpartisipasi di lagu Everybody Hurts, sebagai dukungan pemulihan untuk Haiti yang dilanda gempa.

 

[Bintang] Bon Jovi
Dua jam lebih menghibur penonton, tidak terlihat sama sekali rasa letih dari Jon Bon Jovi yang semakin tua semakin keren ini. (Foto: Faizal Fanani/Liputan6.com)

9. Saudara Ternama

Kedua orangtuanya bukan berasal dari ranah musik, tapi ia punya saudara sedarah yang tak kalah legendaris. Jon Bon Jovi ternyata memiliki ikatan persaudaraan dengan legenda musik Frank Sinatra.

 

[Bintang] Bon Jovi
Di akhir tahun 2016, album terbaru Bon Jovi, "This House Is Not for Sale" langsung melejit ke No. 1 chart Billboard dan kemudian terjut ke no. 43. (DIMITRIOS KAMBOURIS / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

10. Nama Lain

Sebelum ditentukan sebagai Bon Jovi, sebenarnya Jon memiliki beberapa ide nama lain, yakni Johnny Electric. Namun dengan berbagai pertimbangan ia akhirnya mengubah namanya menjadi Bon Jovi, dan sejarah mencatat nama itu sebagai bagian dari legenda.

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓