Harvey Weinstein Sempat Buat Kesepakatan dengan Korban Senilai 350 Miliar

Lanny Kusumastuti25 Feb 2020, 19:24 WIB
[Bintang] Harvey Weinstein

Fimela.com, Jakarta Harvey Weinstein dilaporkan telah melakukan penyelesaian sementara dengan puluhan korbannya dengan membuat kesepakatan senilai Rp350 miliar, yang mana hal tersebut ia lakukan pada akhir Desember 2019, sebelum turunnya putusan pengadilan, Senin (24/2/2020).

Terkait hal tersebut, melansir laman BBC, Selasa (25/2/2020), semua pihak dan pengadilan setuju jika kesepakatan tersebut akan menyelesaikan hampir semua gugatan sejak tahun 217 yang ditujukan kepada sang produser.

[Bintang] Harvey Weinstein
Harvey Weinstein (AFP/Frederick M. Brown)

Selain itu juga disebutkan bahwa kesepakatan tersebut juga untuk melindungi Weinsten di masa depan. Terkait kasus penyerangan seksual yang dilakukan Weistein, pengadilan New York telah menjatuhkan hukuman atas tindakan pemerkosaan tingkat tiga dan kriminal tingkat pertama.

Sayangnya Harvey Weinstein dibebaskan dari tuduhan predator seksual, meski ada sekitar 80 perempuan yang menuduhkan dirinya telah melakukan pelanggaran seksual dan mengundang kecewa banyak pihak.

Kekecewaan Atas Putusan Pengadilan

Pengadilan telah memutuskan bahwa Weinstein hanya dijatuhi hukuman atas dua dari lima tuntutan yang ditujukan kepadanya.

Aktris Ashley Judd, Lucia Evans dan Rosanna Arquette dan 19 orang yang menuduh Weistein atas tindak penyerangan seksualnya pun menunjukkan rasa kecewa. Lewat surat bersama yang diunggah melalui akun Twitter @TIME'S UP, mereka menyebut bahwa keputusan pengadilan tidak memberikan keadilan yang pantas untuk banyak perempuan.

Meski begitu, dalam surat tersebut, mereka juga menyampaikan terima kasih kepada para perempuan yang telah berani maju dan menceritakan pengalaman pahitnya dengan Weinstein demi menciptakan keadilan serta memerangi kejahatan seksual di industri Hollywood.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓