5 Nama Wanita yang Diabadikan Menjadi Lagu Terkenal

Nizar Zulmi01 Apr 2020, 08:08 WIB
Michael Jackson

Fimela.com, Jakarta Lagu seringkali menjadi wadah curhat bagi para musisi, terutama soal cinta. Karenanya tak jarang mereka menuangkan lirik yang sentimental dan menyentuh hati banyak orang.

Bahkan tak sedikit band legendaris yang menggunakan nama seorang wanita sebagai judul lagunya. Hal tersebut sempat populer di era 70 hingga 90an, dari musisi bergenre pop, country, hingga rock.

Akhirnya banyak orang yang penasaran, apakah judul lagu tersebut menceritakan tentang seorang wanita yang benar-benar ada. Berikut beberapa nama wanita yang jadi populer dalam karya lagu.

Rosanna - Toto

[Fimela] Toto Band
Toto di Java Jazz 2019 (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Memikirkan lagu dengan judul nama wanita, dalam sekejap akan muncul nama Rosanna. Lagu ini jadi salah satu megahits milik Toto, band legendaris asal Amerika Serikat.

Rosanna selalu jadi lagu andalan yang dinantikan para penikmat musik. Bagi pecinta musik rock era 70 hingga 80an pasti sudah tidak asing dengan nama yang satu ini.

Delilah - Queen

Freddie Mercury (AFP)
Freddie Mercury (AFP)

Band eksentrik kebanggaan Inggris ini juga memiliki lagu yang judulnya menggunakan nama seorang wanita. Ia bernama Delilah, yang usut punya usut ternyata nama kucing kesayangan Freddie.

Liriknya sengaja dibuat agak ambigu sehingga orang banyak yang mengira Delilah adalah salah satu kekasih Freddie. Tak sepenuhnya salah sih, tapi bedanya ia punya 4 kaki untuk berjalan.

Billie Jean - Michael Jackson

Michael Jackson (AP Photo/Michael A. Mariant, File)
Michael Jackson (AP Photo/Michael A. Mariant, File)

Tak diragukan lagi, Billie Jean adalah satu di antara lagu warisan Michael Jackson yang melegenda. Intro permainan bass yang ikonik, serta gerakan dance yang tiada duanya membuat lagu ini tak terlupakan.

Di lirik lagunya, Billie Jean merupakan seorang wanita yang mengklaim punya hubungan dengan Michael. Di bagian reff The King of Pop menegaskan Billie Jean bukan kekasihnya, dan anak yang ia kandung bukan miliknya,

Mandy - Westlife

Aksi Westlife Hibur Ribuan Penggemar di Semarang
Westlife (Fimela.com/Bambang E.Ros)

Boyband primadona era 90 hingga awal 2000an ini juga memiliki lagu khusus untuk seorang wanita. Ia bernama Mandy, yang lagunya dirilis pertama kali pada tahun 2003 di album Turnaround.

Mandy merupakan lagu ballad yang menceritakan sepasang kekasih yang putus nyambung dalam hubungannya. Sang pria menyesal pernah menyiakan Mandy, hingga lahirlah lagu ini.

Eleanor Rigby - The Beatles

The Beatles
The Beatles (dok.Instagram @bevey57/https://www.instagram.com/p/B06UWbSAsCF/Henry)

Di antara nama-nama di atas dan masih banyak judul lain, lagu dari The Beatles ini terbilang sangat spesifik. Nama Eleanor Rigby diabadikan dalam lagu yang dirilis pada 1966 silam.

Kabarnya Eleanor Rigby merupakan seorang wanita asal Inggris yang menjadi urban legend. Ia diceritakan adalah seorang wanita yang meninggal dalam kesepian saat perang dunia saat itu. Lagu ini ditulis oleh frontman sekaligus vokalis The Beatles, John Lennon.

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓