Dude Harlino Galang Dana untuk Tenaga Medis Hingga Masyarakat Imbas Corona

Syifa Ismalia04 Apr 2020, 15:00 WIB
Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

Fimela.com, Jakarta Pesinetron Dude Harlino bersama Kajian Musyawarah (Arie Untung, Teuku Wisnu, Ricky Harun dan lainnya) menggalang donasi bantuan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga medis yang merawat pasien virus corona atau covid-19 di sejumlah rumah sakit di Indonesia.

Bantuan yang diberikan Dude Harlino bersama teman-temannya itu berupa alat kesehatan yang akan didistribusikan ke beberapa rumah sakit di daerah Jakarta dan sekitarnya.

"Iya jadi sudah satu minggu kita buka donasi untuk siapapun yang mau ikut menyumbang, kita kerjasama dengan aksi cepat tanggap (ACT). Jadi semua didistribusi bantuan langsung dari ACT, ada berbagai macam jenis yang pertama untuk alat pelindung diri walau sekarang agak susah juga karena permintaan banyak stoknya agak terbatas," kata Dude saat dihubungi FIMELA, Senin (30/3/2020).

"Insya Allah dalam waktu dekat APD akan kita distribusi kan. Lagi disiapkan tim juga untuk membeli APD untuk para medis," tambah Dude Harlino.

Kesulitan Mendapat APD

Dude Harlino Berbagi Kisah di EGTC 2018 Surabaya
Aktor Dude Harlino berbagi kisah saat menjadi pembicara dalam EGTC 2018 di Universitas Kristen Petra Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/11). EGTC 2018 ini diadakan di Universitas Kristen Petra Surabaya pada 13-15 Oktober 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski tim belum membeli APD, namun pesinetron 'Istri-Istri Akhir Zaman' itu mengatakan sempat kesulitan mendapatkan alat-alat medis lantaran banyak yang membelinya, terutama baju pelindung diri.

"APD yang sulit didapatkan perangkat bajunya itu yang banyak dibutuhkan, saya rasa semua rumah sakit butuh itu karena menangani corona. Jumlah makin besar sedangkan APD terbatas, semua jadi ya sebisa mungkin kita bergerak kita berharap banyak yang bergerak untuk membantu," ujarnya.

Berikan Makanan dan Beras Gratis

[Fimela] Dude Harlino
Dude Harlino (Adrian Putra/Fimela.com)

Meskipun APD belum diberikan ke tenaga medis, namun Dude dan kawan-kawan sudah memberikan makanan serta beras gratis bagi masyarakat yang sangat membutuhkan, imbas dampak virus Corona.

"Kita kerja sama juga dengan beberapa warteg. Kita dayagunakan mereka, nanti makanan yang mereka produksi kita beli dan kita bagikan ke pekerja harian seperti tukang ojek. Kemudian kita dengan ACT juga menyalurkan beras gratis namanya, ACT punya satu kayak food truck gitu isinya semua beras dan itu nanti didata orangny dan kita bagi ke yang membutuhkan," jelasnya.

Lebih lanjut bapak dua anak itu mengatakan untuk saat ini pembagian makanan dan beras gratis bagi yang membutuhkan hanya diberikan di kawasan Ibu Kota Jakarta saja.

Meski memberikan bantuan, namun Dude Harlino dan kawan-kawannya tidak ikut terjun membantu di lapangan dengan pertimbangan untuk menjaga kesehatan ditengah pandemi ini.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓