Cinta Laura Kiehl Lihat Dampak Positif Pandemi Corona Terhadap Lingkungan

Rivan Yuristiawan03 Apr 2020, 15:24 WIB
Eksklusif Cinta Laura Kiehl 4

Fimela.com, Jakarta Virus Corona yang sedang mewabah di berbagai belahan dunia memang memberikan dampak buruk bagi banyak orang. Meski begitu, aktris Cinta Laura Kiehl melihat sisi lain dimana pandemi Corona pada akhirnya secara tidak langsung berdampak bagus pada pelestarian lingkungan.

Tak sekedar komentar, perempuan 26 tahun itu merujuk dari kondisi terkini beberapa kanal di Venesia, Italia yang airnya menjadi lebih jernih lantaran aktivitas masyarakat setempat yang dibatasi terkait virus Corona. Di samping itu, menurutnya China pun saat ini memiliki kualitas udara yang lebih baik pasca membatasi kegiatan warganya.

"Sejak coronavirus ini, udah terbukti di Italia bahwa kanalnya, air di kota Venisia mulai bersih dan lumba-lumba mulai balik ke Italia. Kualitas udara di China, di seluruh dunia, membaik," kata Cinta Laura Kiehl saat live Instagram bersama Tatler Indonesia, belum lama ini.

Analogi Social Distancing pada Kehidupan Hewan

Eksklusif Cinta Laura Kiehl 8
Eksklusif Cinta Laura Kiehl (Foto: Bambang E Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Fimela.com)

Lebih lanjut, Cinta Laura pun menganalogikan kehidupan masyarakat sekarang yang tengah dibatasi dengan imbauan social distancing akibat pandemi Covid-19 dengan kehidupan hewan yang terpisah dari lingkungan aslinya di alam bebas.

Secara tidak langsung, meski dalam konteks yang berbeda, menurut Cinta Laura, wabah Corona turut memberikan pelajaran tentang makhluk hidup yang sedianya bisa hidup bebas.

"Pasti banyak dari kalian yang ke kebun binatang dan banyak binatang itu mereka di kandang atau di tempat yang kecil. Sekarang akhirnya kita tahu gimana rasanya jadi mereka, kita hanya bisa di dalam rumah. Jadi aku berharap bahwa pihak-pihak atau institusi yang berkaitan dengan kebun binatang, mereka bisa peduli kepada binatang yang mereka jaga karena udah tahu kan rasanya di kandang. Jadi lets treat animal better, lets be more mindful, you know, the way they live and lets try to make clean environments at zoos because, you know, it already going crazy, 3 weeks we spent indoors, imagine how they feel. I mean their whole life in a cage," jelasnya.

Berharap Bisa Terus Berlanjut

Eksklusif Cinta Laura Kiehl 1
Eksklusif Cinta Laura Kiehl (Foto: Bambang E Ros, Digital Imaging: Muhammad Iqbal Nurfajri/Fimela.com)

Berkaca dari apa yang ia katakan sebelumnya, Cinta Laura Kiehl pun berharap wabah Corona bisa menjadi trigger bagi masyarakat dunia untuk lebih peduli terhadap lingkungan yang sudah mulai membaik. Pasca pandemi Corona selesai, perempuan blasteran Indonesia-Jerman itu berharap akan lebih banyak orang yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

"Yang saya harap kita bisa menata ini ketika semua ini (pandemi corona) berakhir. Saya berharap, sebagai manusia, kita menjadi lebih waspada, saya berharap kita menjadi lebih sadar dan tidak mementingkan diri sendiri. Saya sangat berharap kita bisa menata kualitas udara, kualitas lingkungan kita saat ini," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓