4 Bentuk Perjuangan Glenn Fredly di Luar Pentas

Nizar Zulmi09 Apr 2020, 19:38 WIB
Glenn Fredly. (Foto: Instagram @glennfredly309)

Fimela.com, Jakarta Orang yang mengenal sosok Glenn Fredly sepakat bahwa musikus yang satu ini punya suara serta hati yang lembut terhadap sesama. Kehadirannya di atas pentas juga selalu dinanti, merebut seluruh perhatian yang ada di sekitarnya.

Namun medan perang Glenn Fredly Deviano Latuihamallo tak hanya di atas panggung. Di balik itu ia turut aktif memperjuangkan kesejahteraan para musisi dan berkontribusi langsung dalam membawa angin perubahan.

Karenanya selain karya-karya yang tak mungkin terlupa, semangat perjuangan Glenn Fredly memajukan musik Indonesia juga sangat perlu diapresiasi. Berikut hal-hal yang diperjuangakan Glenn semasa hidup.

Hidupkan Studio Bersejarah

Studio Lokananta
Studio Lokananta di Solo, Jawa Tengah (Liputan6.com/Muhammad Husni Mubarok)

Mungkin kamu sekilas pernah mendengar nama Lokananta di artikel atau perbincangan di media sosial. Lokananta adalah studio musik bersejarah yang pernah menjadi saksi masa keemasan industri musik Indonesia.

Glenn menjadi satu dari beberapa musisi yang menggaungkan Save Lokananta, agar lokasi penuh histori ini tetap lestari dan berdiri. Tahun 2012 ia bersama The BakUUcakar membuat rekaman live di studio legendaris tersebut. Langkah Glenn kemudian membawa nama-nama lain seperti White Shoes and the Couples Company hingga Slank untuk melakukan hal serupa.

Berjuang untuk Ambon

[Bintang] Glenn Fredly
Glenn Fredly (Bambang E Ros/Bintang.com)

Meski lahir di Jakarta, Glenn Fredly tak pernah melupakan asal-usul yang mengalir dalam darahnya. Ia pun jadi orang yang paling bersemangat mencanangkan Ambon sebagai kota musik dunia.

Gagasan itu ia terapkan dengan pendekatan dengan pemerintah daerah dan pusat. Konferensi Musik Nasional pertama terselenggara sebagai tonggak menuju peresmian, dan pada 1 November 2019 Ambon didaulat UNESCO menjadi salah satu kota musik di dunia, dan jadi yang pertama di Asia Tenggara.

Sejahterakan Musisi

Pemusik Temui Ketua DPR
Glenn Fredly dan musikus lainnya menemui Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/1). Pertemuan untuk meminta prioritas Program Legiislasi Nasional (Prolegnas) DPR 2019 dalam RUU Permusikan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sudah jadi rahasia umum, sistem administrasi dan distribusi royalti musik di Indonesia masih banyak kekurangan. Mereka yang harusnya bisa sejahtera dari karya yang dibuat, terpaksa hidup dengan keterbatasan.

Glenn Fredly menjadi pihak yang menjembatani musisi dengan anggota DPR untuk membahas RUU Permusikan. Banyak yang musti dibenahi di rancangan tersebut, karena terdapat beberapa yang kurang berpihak kepada musisi. Perjuangan ini pun masih akan diteruskan oleh musisi lain agar ekosistem musik di Indonesia lebih baik ke depannya.

Jaga Toleransi

[Fimela] Potret Glenn Fredly saat beraksi di panggung
Glenn Fredly (Bambang E.Ros/Fimela.com)

Ada kalanya keberagaman di Indonesia diperlakukan dengan tidak benar oleh oknum. Sehingga diperlukan orang-orang seperti Glenn Fredly yang terus menerus menyuarakan toleransi.

Ia bersama Tompi paling gencar membahas tentang persatuan dan toleransi antar umat beragama. Dengan musik sebagai sarana, ia berusaha menyisipkan pesan-pesan persatuan dalam aksinya di panggung. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓