Sukses

Entertainment

Kota Ambon Wacanakan Buat Museum Khusus untuk Mengenang Sosok Glenn Fredly

Fimela.com, Jakarta Nama Glenn Fredly memang dikenal sebagai seorang musisi jenius dengan karyanya yang bisa dinikmati banyak orang. Namun lebih dari itu, sosok Glenn Fredly juga nyatanya memiliki peran penting dalam ekosistem musik Indonesia secara luas.

Seperti yang diketahui, Glenn Fredly menjadi salah satu penggagas Konferensi Musik Indonesia yang pernah sukses diselenggarakan di tanah kelahirannya, Ambon, Maluku pada 2019 lalu. Ia pun menjadi salah satu musisi yang memperjuangkan kota Ambon sebagai kota musik dunia.

Perjuangan Glenn untuk musik Indonesia dan tanah kelahirannya pun masih diingat betul oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy. Sampai akhirnya UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik, menurut Richard hal tersebut tak terlepas dari peran penting Glenn Fredly.

"Indonesia bersyukur dan berterima kasih pada zamannya ada sosok Glenn Fredly di negeri ini. Dia berjuang unuk Ambon, menjustifikasi agar dunia memberikan music dunia untuk wilayah ini," kata Richard Louhenapessy dalam conference call bertajuk Jejak Musikalitas Glenn Fredly untuk Negeri, pada Senin (13/4/2020).

"Glenn ini sosok langka sebagai seorang artis. Glenn Fredly bertindak sebagai inspiratory dalam menggerakkan apapun juga. Dalam sisi lain, dia juga inisiator, menggerakkan masyarakatnya tanpa lihat suku, ras, dan agama. Pada satu sisi dia juga komunikator, juga katalisator yang menyatukan semuanya," lanjutnya kemudian.

Ikon Ambon

Lebih lanjut, Richard juga menambahkan jika sosok Glenn Fredly sudah menjadi ikon lain kota Ambon. Hampir semua pihak yang diajak berkomunikasi tentang Ambon kota musik, sudah pasti menyebut nama Glenn Fredly dalam bahasannya.

"Glenn akan menjadi ikon kita untuk meyakinkan Ambon city of music. Saya bertemu Menteri Dalam Negeri, KASAD, semuanya bertanya Glenn ketika menceritakan soal ambon kota musik," tuturnya.

Dibuat Museum

Dan atas besarnya jasa Glenn mengangkat citra kota Ambon di kancah nasional, bahkan internasional, Richard sebagai Walikota pun berencana untuk membuat sesuatu untuk mengenang Glenn sebagai pahlawan musik dari Ambon. Sedianya, ia berencana untuk membuat museum di kota Ambon untuk mengenang sosok Glenn Fredly sebagai musisi.

"Glenn boleh pergi, tapi Glenn-Glenn yang lain akan muncul di kota ini. Kita juga mempertimbangkan obsesi membuat museum music atau museum Glenn Fredly," pungkasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading