Sukses

Entertainment

Melihat Kiprah Glenn Fredly di Dunia Perfilman Indonesia

Fimela.com, Jakarta Nama Glenn Fredly tidak hanya bersinar di industri musik. Sangat lah pantas sebutan seniman untuk sosok Glenn. Pasalnya, ia juga memiliki andil dalam mewarnai dunia perfilman tanah air. Bukan hanya lagu-lagu Glenn yang dijadikan sebagai Original Soundtrack (OST), namun ia juga pernah membintangi dan memproduseri beberapa film Indonesia.

Kepiawaian Glenn di dunia film diakui Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradara yang pernah bekerjasama dengan Glenn. Lewat akun Instagramnya, Angga menceritakan peran penting Glenn dalam karya filmnya.  Beberapa lagu Glenn yang berkalimat puitis juga menjadi inspirasi Angga dalam pembuatan film Surat dari Praha.

“Surat Dari Praha adalah film persembahan Visinema untuk merayakan 20 tahun berkarya Glenn Fredly. Glenn adalah Komisaris dan salah satu orang yang mempengaruhi pivotal moment @visinemaid di 2012,” tulis Angga Dwimas Sasongko, Kamis (9/4/2020).

Sebelum hembuskan napas terakhir pada Rabu (8/4/2020), film-film berikut ini pernah mengikutsertakan seorang Glenn Fredly. Di antaranya adalah Tanda Tanya, Cahaya dari Timur, Filosofi Kopi, Surat dari Praha, dan Pretty Boys.

Tanda Tanya

Di tahun 2011 untuk pertamakalinya Glenn terjun ke dunia akting lewat film bertajuk Tanda Tanya. Film ini garapan sutradara Hanung Bramantyo yang juga dibintangi oleh Reza Rahadian dan Revalina S Temat.

Dalam film yang mengisahkan tentang keberagaman agama di Indonesia ini, Glenn memerankan karakter bernama Doni.

Cahaya dari Timur

Tidak hanya menjadi pemain, Glenn juga memproduseri film Cahaya dari Timur bersama Angga Dwimas Sasongko. Dalam film yang rilis di tahun 2014 ini juga dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Shafira Umm.

Untuk jalan ceritanya sendiri film Cahaya dari Timur diambil dari kisah nyata. Menceritakan tentang sososk bernama Sani Tawainelaa yang melatih anak-anak bermain sepak bola di tengah konflik Agama.

Surat dari Praha

Tampak ketagihan berada di dunia perfilman, di tahun 2015 Glenn memilih berada di balik layar untuk film Filosofi Kopi. Kala itu ia menjadi ko-produser dan produser musik untuk film tersebut. Di Filosofi Kopi 2, Glenn pun Kembali dipercaya menjadi produser musik.

Untu film yang satu ini, Glenn Kembali bekerjasama dengan Angga Dwimas Sasongko sebagai sang sutradara. Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, menjadi pemain dalam film yang diadaptasi dari novel Dee Lestari ini.

Surat dari Praha

Di tahun 2016, lewat film Surat dari Praha, Glenn Fredly semakin bersinar di dunia perfilman. Ia menjadi produser eksekutif yang bekerjasama dengan sutradara Angga Dwimas Sasongko, serta Chicco Jerikho yang debut menjadi produser kala itu.

Seperti yang dituliskan Angga pada akun Instagramnya belum lama ini, film Surat dari Praha menjadi retrospektif Glenn selama 20 tahun bermusik. Lagu-lagu Glenn yang puitis juga menjadi inspirasi hadirnya film ini.

Pretty Boys

Dalam film Pretty Boys yang tayang di tahun 2019 lalu Glenn Fredly juga hadir, meski sebagai Cameo. Kehadirannya terbilang sangat sebentar, namun cukup menyegarkan penonton.

Film yang diproduseri Desta dan Vincent ini memang bergenre komedi romantis, kala  itu Glenn menjadi seorang pengamen yang hanya muncul dalam hitungan detik, namun sukses menggelitik.

Saksikan Video Pilihan Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading