Ingin Bantu Tenaga Medis, Ruben Onsu Ditipu Penjual Masker Online

Rivan Yuristiawan20 Apr 2020, 09:24 WIB
[Fimela] Ruben Onsu

Fimela.com, Jakarta Memang selalu ada saja orang yang tega memanfaatkan kesulitan orang lain untuk mendapat keuntungan. Presenter Ruben Onsu mengaku sempat tertipu oleh penjual masker online saat berniat untuk membantu tenaga medis menyediakan Alat Perlindungan Diri (APD) ditengah wabah virus Corona seperti sekarang.

Suami dari Sarwendah itu bercerita, setidaknya dua kali ia menjadi korban penipuan saat ingin membeli masker dalam jumlah yang banyak secara online. Menurutnya, seusai ia mengirimkan sejumlah uang untuk biaya pembelian masker, tiba-tiba si penjual tak lagi bisa dihubungi. Sekalipun ada barang yang sampai, itu tak sesuai dengan apa yang dipesannya.

[Fimela] Ruben Onsu
Ruben Onsu (Bambang E. Ros/Fimela.com)

"Masker dua kali ketipu. Pertama beli 200 box buat rumah sakit, harganya lumayan, diskonannya ada, transfer, hilang. Nggak ada box-nya (datang) bentukannya nggak ada box-nya. Kena pokoknya saya ketipu itu, pokoknya banyak deh," kata Ruben Onsu di kawasa. Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Senin (13/4/2020).

"Jadi ya sudah lah bukan rejeki. Malas saya ngoceh di Instagram, ya sudah lah belum rejeki," lanjut Ruben Onsu kemudian.

Tak Menyerah

[Fimela] Ruben Onsu
Ruben Onsu (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Meski sudah pernah merasa tertipu saat berniat baik memberikan bantuan, Ruben ternyata tak kecewa. Sampai saat ini, ia mengaku masih mengumpulkan peralatan APD untuk diberikan pada pihak rumah sakit agar bisa dipergunakan tenaga medis dalam menangani korban wabah Corona.

"Saya ini masih mengumpulkan barang-baranf untuk petugas medis, ngumpulin sendiri, susahnya bukan main. Bantuan saya untuk rumah sakit itu belum pernah saya kasih, karena saya masih sulit mendapatkan masker itu dan kebetulan kayak yang lain, saya sudah kumpulin. Ada teman-teman yang jualan saya kumpulin buat RS," jelasnya.

Berdonasi Semampunya

[Fimela] Ruben Onsu
Ruben Onsu (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Di tengah banyaknya fasilitator yang ada guna menyampaikan bantuan untuk banyak pihak, Ruben mengaku tak tertarik untuk ikut bergabung. Menurutnya, keputusannya untuk membeli dan mengumpulkan sendiri APD yang ingin ia donasikan tak terlepas dari niatannya yang ingin membantu secara sukarela, sesuai dengan kemampuan dan hasil kerja kerasnya sendiri.

"Kenapa saya tidak ikutan dalam sebuah perkumpulan untuk memberikan donasi, itu karena yang saya berikan kan nggak seberapa, jadi kayaknya lebih baik saya berikan sendiri aja deh. Jadi semampunya," pungkas Ruben Onsu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓