Ditinggal Sang Ayah untuk Selamanya, Augie Fantinus Mencoba Ikhlas

Syifa Ismalia13 Jul 2020, 09:48 WIB
[Bintang] Augie Fantinus

Fimela.com, Jakarta Kabar duka masih menyelimuti keluarga besar artis Augie Fantinus. Sang ayah, Tisna Wiyana, meninggal dunia di usia 75 tahun pada Jumat (10/7/2020).

Setelah dirundingkan, akhirnya keluarga memutuskan agar jenazah dikremasi. Proses tersebut pun sudah berlangsung di Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/7/2020) pagi.

"Hari ini tadi kremasi. Pukul 08.30 WIB tadi ada ibadah pelepasan, terus langsung dibawa ke krematorium Cikadut. Abunya besok kami simpan dulu. Terutama dari mama mintanya disimpan dulu di rumah duka, ya," ujar Augie Fantinus ketika dihubungi awak media.

Menurut Augie, ibadah pelepasan kala itu berjalan lancar dan khidmat. Keluarga besarnya hadir dan mengikhlaskan kepergian sang ayah untuk selama-lamanya.

Bersedih dan Bersyukur

[Fimela] Augie Fantinus
Augie Fantinus (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Meski dirundung rasa kehilangan yang amat mendalam, namun Augie mengaku sudah mengikhlaskannya dan bersyukur. Pasalnya sang ayah tak perlu lagi melawan rasa sakitnya.

"Kita, keluarga, walaupun bersedih, tapi tetap bersyukur. Ini adalah waktu yang paling tepat Tuhan memanggil papi supaya papi tidak sakit lagi, tidak juga merasakan susah. Dia enggak mau menyusahkan anak-anak dan istrinya," kata pria 40 tahun itu.

Penyakit Sang Ayah

[Bintang] Augie Fantinus -Kerjasama KMK Online dan NBA
"Karena sekali lagi kalau Indonesia ini kan olahraga yang paling populer itu bola dan bulutangkis, walaupun basket kita sudah mulai maju," terangnya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Lebih lanjut Augie Fantinus menceritakan penyakit yang diderita sang ayah sebelum menghembuskan napas terakhir. Katanya, almarhum sudah susah payah berjuang melawan penyakit komplikasi.

"Awalnya HB-nya turun, coba ditransfusi terus juga. Akhirnya ada bakteri juga di paru-paru, mengarah ke darah, darahnya masuk ke ginjal. Ginjal papi itu sudah 30 tahun cuma satu. Jadi, dulu pernah sakit juga, pernah cancer, jadi ginjanya sudah diambil satu," tutur Augie Fantinus.

"Akhirnya, di cuci darah keempat, tensinya ngedrop, ngebuat papi kejang-kejang juga. Akhirnya, ya, itu tanggal 10 kemarin, pagi pukul 4.30 WIB sudah tidak ada (meninggal) di ICU," jelas pemain film Jailangkung itu.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓