Sukses

Entertainment

Berikan Madu ke Bayinya, Shandy Aulia Dikritik Dokter

Fimela.com, Jakarta Jika biasanya Shandy Aulia banyak memberikan inspirasi tentang bagaimana cara mengurus dan merawat anak bayi, kini dirinya harus kena banjir kritikan. Bahkan bukan hanya dari kalangan biasa, namun kalangan ahli medis.

Asal usulnya adalah ketika ibu satu anak ini memberikan anaknya yang masih berusia 4 bulan dengan makanan pendamping ASI alias MPASI. Padahal, menurut penelitian medis dan lumrah di kalangan masyarakat, anak boleh diberikan MPASI mulai usia 6 bulan.

Shandy, meski mengaku sudah mendapatkan persetujuan dokter atas pemberian MPASI tersebut, tetap saja mendapatkan kritikan dari masyarakat luas. Shandy dianggap tak memberikan alasan kenapa anaknya berbeda dari kebanyakan anak lain.

Pakai Madu

Dan yang membuat banyak kritikan masuk kepadanya adalah campuran bahan makanan yang bisa membahayakan bayi dalam MPASI yang dibuatnya. Ya, dalam suatu kesempatan, Shandy memberikan madu kepada bayinya.

"Dan aku juga tambahkan madu, ini madu murni, ini hanya sedikit saja jangan terlalu manis. Kenapa hanya sedikit saja, ini hanya untuk perasa supaya si baby nyaman juga dan enak," imbuhnya.

"Kalau rasanya hambar pasti kurang enak. Kaya kita juga kalau makan hambar pasti tidak mood untuk makan, nah sama kaya bayi," tutur Shandy Aulia di YouTube, Selasa (21/7/2020).

Bukan Untuk Bayi

Madu, meskipun memiliki manfaat yang begitu banyak, namun menurut penelitian medis belum direkomendasikan untuk anak di bawah 1 tahun. Apalagi dengan dalih hanya untuk memberikan cita rasa pada MPASI.

Sampai akhirnya seorang dokter menegur Shandy atas tindakannya. "Aku dokter umum, ya emang belum jadi dokter anak sih. Tapi insya Allah aku selalu update ilmu tentang anak yah, aku gatel banget mau komen kali aja ada yang masih buka video ini. Please do not give 'madu' to your baby," tutur akun bernama Nuralisa Safitri.

"Just please NO HONEY sebelum 1 tahun. Mau di saring-saring madunya, mau itu madu udah diapain juga jangan pernah dikasih, ini udah panduan WHO AAP IDAI ya. Bisa dibaca jurnalnya sendiri," lanjutnya.

Shandy juga mendapatkan kritik dari seorang yang diterngarai seorang bidan. "MADU TIDAK DISARANKAN UNTUK USIA DI BAWAH 1 TAHUN karena bisa menyebabkan infant botulism. Thanks," kata akun Kriwilife.

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading