Jarang Pumping, Citra Kirana Sempat Alami Mastitis

Syifa Ismalia18 Sep 2020, 08:24 WIB
Diperbarui 18 Sep 2020, 08:24 WIB
[Fimela] Citra Kirana dan Rezky Aditya

Fimela.com, Jakarta Citra Kirana belum lama ini sempat masuk ruang UGD. Hal ini diketahui dari akun YouTube miliknya, Ciky Citra Rezky yang diunggah pada Selasa (15/9/2020).

Istri dari Rezky Aditya itu mengaku sempat mengalami mastitis yang membuat suhu tubuhnya meningkat menjadi 39.6 derajat celcius. Karena itulah ia segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan.

Mastitis sendiri adalah peradangan pada jaringan payudara atau kondisi yang sering terjadi pada ibu menyusui, dan bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi.

"Mau cerita, jadi kemarin memang aku masuk UGD. Karena aku mengalami mastitis, kalau ibu menyusui tahu apa itu mastitis. Mastitis itu biasa terjadi pada ibu yang baru punya anak kurang lebih 2- 6minggu. Meskipun jarang terjadi juga sih. Waktu itu aku sudah nggak kuat banget," kata Citra Kirana.

"Keadaannya aku baru pulang syuting jam 11 malam. Terus dia nangis dan bilang sudah nggak kuat," timpal Rezky Aditya.

Akui Salah Jarang Memompa

Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)
Citra Kirana. (Foto: Instagram @citraciki)

Lebih lanjut Citra Kirana mengaku alasannya terkena mastitis. Menurutnya semua karena ia jarang memompa ASI. Citra pikir, jika sudah memberikan ASI langsung pada anak, tidak akan menimbulkan sesuatu hal yang membahayakan dirinya.

"Karena aku mikir anakku sering menyusui berarti udah ok, ngompa tapi jarang sebenernya. Dan itu sebenarnya nggak boleh. ASI harus selalu diproduksi, semakin kita pompa semakin banyak ASI. Aku demam banget si. Suhu aku sampai 39.6 derajat celcius," tuturnya.

Saran untuk Para Ibu

Demam Tinggi Hingga 39,6 Derajat Celsius, Citra Kirana Idap Mastitis
Cerita Citra Kirana dilarikan ke rumah sakit karena demam tinggi. (Sumber: YouTube/Ciky Citra Rezky)

Pada kesempatan itu, perempuan 26 tahun ini pun memberikan saran agar para ibu tidak melakukan hal yang sama seperti dirinya. Ia menyadari tak memompa ASI adalah sesuatu yang salah.

"Saranku, jangan kek aku karena aku males pumping. Itu nggak boleh diikutin. Itu penting banget ternyata. Pada saat itu mikirnya yaudah Attar (anaknya) sudah minum banyak. Tiba-tiba bengkak payudara aku dan panas badanku," kata perempuan kelahiran Bogor, 23 April 1994.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓