Sukses

Entertainment

Menyaksikan Lakon Srintil Lewat Teater di Rumah Aja

Fimela.com, Jakarta Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menghadirkan rekaman lakon pementasan dalam program #NontonTeaterDiRumahAja. Akhir pekan ini, para penikmat seni di rumah akan disuguhkan lakon berjudul Srintil (Tembang Duka Seorang Ronggeng) yang akan ditayangkan pada 19 dan 20 September pukul 15.00 WIB di website www.indonesiakaya.com serta channel Youtube IndonesiaKaya.

Lakon yang diproduksi oleh ArtSwara ini merupakan rekaman pementasan yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 April 2019, di Teater Salihara, Jakarta. Naskah pertunjukan ini ditulis oleh Sitok Srengenge yang mengadaptasi novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari.

“Saya tertarik mengangkat tentang ronggeng ini ke atas panggung karena pandangan publik tentang ronggeng ini cenderung hanya melihat sisi negatifnya, padahal kita bisa menggali kompleksitas perempuan yang terkandung di dalamnya. Melalui lakon ini, kami ingin menghadirkan sudut pandang berbeda dari sosok ronggeng,” ujar Maera yang berperan sebagai eksekutif produser untuk pementasan ini.

Tentang Srintil

Lakon ini berkisah tentang Srintil yang berumur 11 tahun dinobatkan menjadi ronggeng baru, menggantikan ronggeng terakhir yang mati dua belas tahun yang lalu. Bagi pedukuhan yang kecil, miskin, terpencil, dan bersahaja itu, ronggeng adalah perlambang. Tanpanya dukuh itu merasa kehilangan jati diri.

Srintil menjadi tokoh yang amat terkenal dan digandrungi. Cantik dan menggoda, semua ingin pernah bersama ronggeng itu. Dari masyarakat biasa hingga pejabat-pejabat desa maupun kabupaten. Namun malapetaka politik di tahun 1965 membawa nasib buruk ke pedukuhan kecil itu. Ronggeng beserta para penabuh calung ditahan. Pedukuhan dibakar. Hanya karena kecantikannya, Srintil tidak diperlakukan semena-mena oleh para penguasa di penjara itu.

Pengalaman pahit sebagai tahanan politik akhirnya membuat Srintil sadar akan hakikatnya sebagai manusia. Karena itu setelah bebas, ia berniat memperbaiki citra dirinya. Ia tak ingin lagi melayani lelaki manapun. Ia ingin menjadi perempuan somahan. Dan ketika seorang lelaki bernama Bajus muncul dalam hidupnya, sepercik harapan timbul, makin lama makin membuncah. Tapi Srintil harus kembali terempas. Kali ini bahkan membuat jiwanya hancur berantakan.

“Lakon ini dipentaskan dengan konsep monolog musikal dengan menampilkan fase-fase penting dalam hidup Srintil dengan luka batin yang dialaminya. Tokoh Srintil menyoroti bagaimana perempuan masih sering terpinggirkan, padahal setiap perempuan harus dihormati, dan dihargai, apapun profesinya. Begitu juga dengan ronggeng yang mengajarkan tentang keterbukaan pikiran. Ia merupakan bentuk seni yang sarat dengan nilai-nilai budaya dan konstruksi sosial dalam tradisi Banyumas,” ujar Iswadi Pratama yang berperan sebagai sutradara dalam lakon ini.

Trie Utami Mainkan 7 Karakter

Pementasan yang juga diproduseri oleh Dian HP ini menampilkan penyanyi Trie Utami yang memainkan 7 karakter, yakni tokoh utama Srintil kecil, remaja dan tua, ke­mudian bapak Srintil (Santayib), ibu Srintil, kakek Srintil, dan pac­ar Srintil (Rasus). Penampilan apik Trie Utami ini didukung dengan koreografi yang dikonsep oleh Eko Supriyanto.

Musik yang ditata dan lirik yang ditulis oleh Ava Victoria dalam lakon ini menampilkan kemampuan menyanyi seorang Trie Utami. Penikmat seni dapat menyaksikan penampilan Trie Utami yang sangat membekas dengan iringan komposisi musik yang mengkolaborasikan instrumen tradisi dan orkestra.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading