5 Artis Lawas dengan Bayaran Tertinggi, Rano Karno Kalah

Anto Karibo23 Sep 2020, 12:24 WIB
Diperbarui 23 Sep 2020, 12:35 WIB
[Fimela] Rano Karno

Fimela.com, Jakarta Pada setiap masa di industri entertainment, selalu ada nama-nama yang memiliki popularitas lebih dari pada artis lainnya. Dan dengan popularitas tersebut, biasanya sebanding dengan honor yang diterima.

Seperti di era 70-80an, tercatat ada beberapa artis yang mendapat julukan The Big Five, khususnya di ranah perfilman. Mereka adalah artis-artis yang memiliki tarif termahal di antara pelaku entertainment lainnya.

Hal ini disebutkan oleh Rano Karno dikanal YouTube-nya. Menurutnya, kelima artis yang dikenal sebagai lima besar tersebut bisa menghasilkan rupiah melebihi dirinya yang juga memiliki popularitas tinggi.

Lalu, siapa saja kelima artis yang bayaran sekali main bisa mengalahkan sosok Rano Karno di masa itu? Mari kita simak.

Yenny Rachman

[Bintang] Yenny Rachman
Rekan Selebritis jenguk Julia Perez di RSCM (Deki Prayoga/bintang.com)

Meski awalnya diremehkan, namun karier Yenny Rachman melesat naik kala mendapatkan penghargaan sebagai aktris terbaik lewat film Kabut Sutra Ungu yang dirilis tahun 1979. Usai mendapatkan pengakuan, Yenny pun banyak mendapatkan tawaran.

"Soalnya dulu ada namanya Big Five. Ini kita harus buka kartu nih, dulu zaman dia honor Rp 5 juta enggak pernah ada bintang film honor Rp 5 juta," ujar Rano Karno.

"Aku aja yang udah terkenal paling honor Rp 600.000 atau Rp 750.000. Yenny Rachman, Roy Marten, Robby Sugara, Doris Callebaute, Yati Octavia, pokoknya Big Five deh ya," lanjut Rano.

Roy Marten

[Bintang] Roy Marten
Mini series DO(S)A ditulis oleh Salman Aristo dan mengambil lokasi syuting di Jakarta dan Kuala Lumpur selama 58 hari. (Bambang E Ros/Bintang.com)

Roy Marten merintis karier sebagai model saat ia pindah ke Jakarta pada tahun 1972. Ayah dari Gading Marten tersebut memulai karier di dunia akting pada tahun 1974 dengan sebuah film berjudul Bobby.

"Dulu honor kita paling Rp 500.000, Rp 600.000, Rp 700.000, begitu Roy Marten Rp 5 juta," ungkap Rano Karno di YouTube Marten and Friends.

Di masa itu, bayaran Rp 5 juta merupakan angka yang fantastis. "Zaman dulu Rp 5 juta wow. Kalau sekarang berapa ya, susah, mungkin Rp 500 juta atau Rp 1 miliar lah," sambung Rano Karno.

Yati Octavia

Pangky Suwito dan Yati Octavia
Pangky Suwito dan Yati Octavia (Sapto Purnomo/Liputan6.com)

Seperti yang disebut oleh Rano Karno, nama Yati Octavia termasuk dalam The Big Five, yaitu artis yang memiliki bayaran tinggi. Yati pun mengakui hal tersebut saat menjadi bintang tamu di acara Rumpi Trans TV.

Ketika itu Feni Rose sebagai pembawa acara menanyakan bahwa honornya kala itu dimungkinkan sepadan dengan Rp 500 juta untuk sekarang ini. Yati pun mengiyakan dengan membandingkan harga sebuah mobil mewah.

"Iya sepertinya gitu. Soalnya setiap kali main film itu honornya bisa buat beli Mercy," jawab pemeran Ani, pasangan Rhoma Irama dalam beberapa judul filmnya.

Doris Callebaute

Doris Callebaute
Doris Callebaute (Instagram/jelita.callebaute)

Nama Doris Callebaute kala itu semakin populer dengan filmnya berjudul Inem Pelayan Seksi. Ia pun masuk ke dalam jajaran artis dengan bayaran termahal. Selama kariernya sejak tahun 1976, Doris telah membintangi puluhan film, di antaranya adalah Embun Pagi, Inem Pelayan Sexy, Marina, Inem Nyonya Besar, dan lainnya.

Robby Sugara

Robby Sugara
Robby Sugara (Kapanlagi.com/Bambang E Ros)

Siapa yang tak kenal dengan iklan pria Brisk di era 70-an. Ya, dialah Robby Sugara. Namanya bisa dikatakan bersanding dengan Roy Marten yang merupakan salah satu dari artis-artis yang memiliki bayaran fantastis. Selama kariernya, Robby telah membintangi banyak film.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓