3 Alasan Sivia Pilih Bahasa Indonesia di Semua Track Album Love Spells

Syifa Ismalia24 Sep 2020, 10:30 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 10:30 WIB
Sivia dan Kenny Gabriel

Fimela.com, Jakarta Penyanyi Sivia Azizah baru saja meluncurkan album solo perdananya yang berjudul Love Spells. Terdapat sembilan lagu di album tersebut, yakniIntro, New York, Storm, Love Jokes, Old Love, Ego, Love Spells, Goodbye Rumbling Heart, dan Breathe.

Meski semua judul lagunya berbahasa Inggris, namun ternyata lirik yang digunakan Sivia Azizah adalah bahasa Indonesia. Ini terdengar cukup aneh, namun perempuan kelahiran Jakarta, 14 Februari 1997 ini punya beberapa alasan.

"Pertama entah kenapa lirik bahasa Indonesia lebih cepat nyampenya aja. Mungkin karena kita orang Indonesia juga ya. Itu kan emang bahas kita," kata Sivia saat wawancara eksklusif dengan FIMELA secara virtual, Rabu (23/9/2020).

Lebih Challenging

SIVIA
SIVIA (Dok Fimela.com)

Menurut Sivia membuat lirik bahasa Indonesia sangat menantang. Lantaran ia merasa menuliskan lirik lagu dengan bahasa Inggris lebih mudah.

"Kedua di luar aku suka bahasa Indonesia dan lirik bahasa Indonesia itu lebih challenging dibandingkan bahasa Inggris. Karena lirik bahasa Indonesia itu lebih rumit gitu lho dan pengertian lebih luas saja. Itu alasan kenapa bahasa Indonesia," jelas perempuan 23 tahun itu.

Dalami Penulisan Lirik

Selalu Tampil Modis, Ini 6 Potret OOTD Sivia Azizah yang Bisa Jadi Inspirasi
Sivia (Sumber: Instagram/@siviazizah)

Lebih lanjut Sivia menjelaskan agar para penikmat suaranya ini tak hanya bisa sekedar mendengarkan lagunya saja. Namun mereka juga bisa mengulik lebih dalam lirik yang ia tulis dengan sangat spesial itu.

"Karena mungkin bisa dibilang caraku membawa para pendengar lagu aku kulik lirik lebih dalam lagi. Aku mengakui di umur aku, ada beberapa teman yang seangkatan ngikutin apa yang lagi hype aja. Tapi nggak tahu betul penyanyinya, tentang apa, yang penting enak saja," katanya.

"Nah aku mau bawa teman-teman yang dengar biar tahu saja kalau setiap musisi itu menyanyikan lagu itu ada kesan yang ingin disampaikan. Jadi mereka bisa lebih aware dengan lirik karena kalau aku disamping musik, aku lumayan lirik banget gitu. Kayak misal ada lagu, aku akan cari tahu tentang apa sih lagunya," jelas perempuan yang mengawali karier dunia hiburan dengan mengikuti ajang menyanyi.

Lirik sebagai Ekspresi

4 Potret Sivia Eks Blink yang Jadi Penyanyi Solo
Sivia (Liputan6.com/IG/@siviazizah)

Pada kesempatan itu, Sivia Azizah juga mengatakan ada kesenangan sendiri dalam menulis lirik di albumnya ini. Selain dirinya suka nulis, ia juga senang jika apa yang dibuat bisa didengar para pendengar setianya.

"Aku suka nulis narasi. Apapun yang dirasakan, dicerna, diproses, aku tulis. Kalau bisa jadi lirik, ya aku jadikan lirik. Senang sih apa yang aku tulis bisa sampai ke yang mendengarkan," jelas Sivia Azizah.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓