3 Hal tentang 'Identitas', Album Penuh Makna Bagi Ketiga Personel KOTAK

Rivan Yuristiawan25 Sep 2020, 19:38 WIB
Diperbarui 25 Sep 2020, 19:38 WIB
Kotak Band (ist)

Fimela.com, Jakarta Grup musik KOTAK secara resmi menelurkan karya musik terbaru. Album bertajuk Identitas ini seolah menjadi hasil dari curahan tenaga dan pikiran tiga personelnya, Tantri, Chua, dan Cella yang akhirnya bisa terealisasi.

Sesuai dengan judul albumnya, para personel Kotak menyebut album terbarunya ini sebagai hasil dari belasan tahun berkecimpung di industri musik. Menurut Chua, album Identitas merupakan rangkuman dari pengalaman bermusik para personel Kotak sebagai band.

"Akhirnya setelah beberapa belas tahun berkarya, kita banyak pengalaman, ambil ilmu banyak orang, akhirnya kita bisa membuktikan kalau kita sudah siap untuk berkarya sesuai dengan Identitas kita," kata Chua, bassist KOTAK saat konferensi pers secara virtual, Jumat (25/9/2020).

Proses Panjang

[Bintang] Kotak Band
KOTAK (Deki Prayoga/Dream.co.id)

Album Identitas sendiri terdiri dari 10 lagu baru sekaligus memperkenalkan lagu berjudul Di Atas Cinta sebagai jagoan. Cella, sang gitaris menuturkan jika ia bersama dua rekannya butuh waktu sekitar dua tahun dari proses pengerjaan sampai akhirnya resmi meluncurkan album ke pasaran.

"Jadi gini album ini kan kita garap dua tahun yang lalu, kalau nggak salah sekitar November 2018. Album ini memang harusnya segera kita keluarkan, karena kita nggak tahu ke depan itu ada pandemi seperti ini. Tetapi rencananya memang menunggu album ini keluar di saat Tantri masuk lagi ke KOTAK setelah cuti dan ternyata kita kena bencana pandemi dunia. Akhirnya mau nggak mau, the show must go on, tetap harus keluar karena memang sudah terlalu terlampau lama," terang Cella.

Konsep DIY

Yang kemudian menarik, album Identitas tercipta murni dari hasil kreatif tiga personel KOTAK tanpa campur tangan orang lain. Mereka pun dengan bangga menyebut album Identitas sebagai album berkonsep DIY (Do It Yourself).

"Ini semua DIY, jadi kita benar benar mencurahkan segala pikiran dan hati kita untuk album ini. Jadi Do It Yourself ini, kita semua pengerjaan sendiri. Dari workshop, kita tentuin tempatnya di mana, terus studio di mana, konsep albumnya seperti apa, ya semua pengemasannya, itu semua kita bertiga, kita kerjain bareng-bareng," pungkas Tantri KOTAK.

Kotak Band (Foto: Instagram/@tantrisyalindri)
Kotak Band (Foto: Instagram/@tantrisyalindri)

Rangkum Beragam Tema

Album Identitas dari KOTAK menyuguhkan berbagai sudut pandang yang menarik. Pembahasannya beragam, mulai dari darurat hoax, circle pertemanan yang toxic hingga hakikat menjadi seorang manusia.

Beberapa single dengan tema tersebut telah dirilis sebagai wajah awal dari album ini, yakni Hoax, Teman Palsu dan Manusia Manusiawi. Karya terbaru Tantri, Cella dan Chua sudah bisa didengarkan di platform musik digital favoritmu.

Simak juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓