Kapan Olahraga Lagi Setelah Operasi Sesar? Ini Pengalaman Zee Zee Shahab

Anto Karibo27 Sep 2020, 20:00 WIB
Diperbarui 27 Sep 2020, 20:00 WIB
[Fimela] Zee Zee Shahab

Fimela.com, Jakarta Sebagai seorang ibu yang senang berolahraga, Zee Zee Shahab banyak mendapatkan pertanyaan dari netizen. Salah satunya mengenai kapan dirinya bisa berolahraga lagi setelah menjalani persalinan secara sesar.

"Banyak yang nanya, kapan mulai olahraga setelah melahirkan Cesar? Aku coba Jawab berdasarkan pengalaman pribadi ya," kata Zee Zee Shahab di laman Instagramnya, zeezeeshahab, baru-baru ini.

Dua kali menjalani persalinan, Zee Zee Shahab harus menempuhnya dengan cara operasi sesar. Ia mengatakan ada sebab media tertentu yang membuatnya tak bisa melahirkan normal.

"Kebetulan Aku 2 kali melahirkan dan Cesar karena memang ada masalah di placenta waktu itu," lanjut Zee Zee Shahab.

Mulai Olahraga

Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab (Instagram/zeezeeshahab)

Zee Zee Shahab ketika itu baru mulai olahraga lagi setelah jeda waktu dua bulan pasca melahirkan. Saat itu dirinya juga tak langsung melakukan jenis olahraga berat dan dalam waktu yang lama.

"Setelah 2 bulan Aku mulai berani olahraga, waktu itu jalan cepet (30-40mins) di coba selama 2 minggu," papar istri Prabu Revolusi tersebut.

Setelah merasa tidak ada masalah, tahap demi tahap olahraga pun ditingkatkan. Dan tak lua, Zee Zee tetap melakukan konsultasi kepada dokter pribadinya.

"Kerasa nyaman baru Aku berani untuk coba lari pelan-pelan, itu juga Aku tetap konsultasi ke dokter obgyn ku," tuturnya.

Jangan Memaksa

[Fimela] Zee Zee Shahab
Zee Zee Shahab (Instagram/zeezeeshahab)

Terkadang, demi meluluhkan lemak dan mendapatkan kembali bentuk tubuh ideal, seseorang memaksa untuk berolahraga yang terlalu berat. Hal ini menurut Zee Zee Shahab bukan merupakan langkah yang baik.

"Tapi yang paling penting harus dirasa-rasa ya, harus dibikin nyaman, kalau kerasa nyeri Atau sakit baiknya jangan dipaksa dulu. Semua ada prosesnya, nikmati prosesnya pelan-pelan tapi pasti," ujarnya.

Yang paling penting adalah selalu bahagia dalam melakukan apapun, termasuk tidak membandingkan dengan orang lain. "Jangan pernah bandingin progress kita sama orang lain, hargai dan cintai diri kita sendiri. Stay happy and healthy," tandasnya.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓