4 Kanal K-Pop dengan Jumlah Subscriber dan Penghasilan Terbesar

Nizar Zulmi28 Sep 2020, 20:08 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 21:51 WIB
BLACKPINK - BTS

Fimela.com, Jakarta Digitalisasi di sektor musik saat ini tengah mendominasi industri di hampir semua negara, termasuk Korea Selatan. Namun beberapa jagoan K-Pop masih mampu mendongrak penjualan fisik, meski pendapatan dari digital makin gila-gilaan.

Kini indikator suksesnya karya musik kerap dinilai dari jumlah stream di platform musik digital dan aplikasi berbagi video. Dan tak dipungkiri dominasi musik Amerika Serikat mulai tersaingi dengan para idol dari Korea Selatan.

Di YouTube sendiri, beberapa nama muncul sebagai kanal dengan jumlah subscriber yang fantastis. Bahkan satu nama artis K-Pop bisa mengalahkan jumlah subscriber milik agensi yang menaungi banyak artis. Siapa saja?

BLACKPINK

Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)
Blackpink (Instagram/ lalalalisa_m)

Di posisi teratas ada BLACKPINK yang sejauh ini memiliki 48,7 juta subscriber. Angka itu juga didukung dengan views dari teaser hingga MV mereka yang mencapai miliaran kali.

Berdasarkan laporan dari FnGuide, dalam sebulan BLACKPINK bisa mendapat penghasilan sekitar 3,2 miliar won (sekitar 40 miliar rupiah). Dan dalam setahun angka yang didapat bisa mencapai 20 miliar won (254 miliar rupiah). Angka tersebut setelah dipotong 30% oleh YouTube.

Big Hit Labels

BTS Tiny Desk Concert
BTS di Tiny Desk Concert (NPR)

Posisi runner up ditempati oleh kanal YouTube Big Hit Labels. Agensi yang menaungi BTS ini memiliki 44,6 juta subscriber dengan konten dari berbagai artisnya. 

Kanal Big Hit Labels diperkirakan meraih 2,3 miliar won setiap bulan dari aktivitas digitalnya. Meski berada di urutan kedua, penghasilan yang diraih mereka lebih besar dari BLACKPINK karena di urutan ketiga diisi oleh Bangtan TV yang memiliki 37,2 subscriber.

SMTOWN

Red Velvet (SM Entertainment)
Red Velvet (SM Entertainment)

Berikutnya ada SM Entertainment dengan kanal YouTube-nya, SMTOWN. Mereka diikuti oleh 24,1 juta subscriber, dan mendapat penghasilan sekitar 1 miliar won per bulan, atau setara dengan 12,7 miliar rupiah.

SM Entertainment juga membuatkan kanal tersendiri untuk artis mereka, tapi secara umum akun SMTOWN jadi yang utama untuk merilis karya musik terbaru. 

JYP Entertainment

TWICE
TWICE

Terakhir ada JYP Entertainment yang terbukti cukup konsisten dari sisi bisnis maupun kualitas musik. Agensi yang menaungi TWICE, Got7, DAY6 dan beberapa nama lain ini memiliki 18,2 juta subscriber dari berbagai konten mereka.

Mneariknya penghasilan JYP dari YouTube melebihi kanal Bangtan TV dan SMTOWN yang punya subscriber lebih banyak. JYP meraup 1,3 miliar won perbulan (16,5 miliar rupiah) yang sebagian besar datang dari MV.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓