Bangkitkan Semangat, Ini 5 Lagu untuk Saling Menguatkan di Situasi Pandemi

Nizar Zulmi28 Sep 2020, 22:30 WIB
Diperbarui 28 Sep 2020, 22:42 WIB
Ariana Grande-Justin Bieber

Fimela.com, Jakarta Pandemi virus  masih jadi concern di negara-negara berbagai belahan dunia. Virus ini telah merenggut ribuan nyawa, hingga mengubah berbagai sistem menuju ke era digital. Musik pun jadi industri yang terdampak secara signifikan.

Para musisi kini tak lagi diperkenankan manggung di hadapan ribuan orang seperti biasanya. Konser atau pertunjukan musik dialihkan ke virtual, yang sejauh ini masih jadi solusi yang sebenarnya tak mampu menggantikan konser secara konvensional.

Meski begitu para musisi tetap berusaha produktif dan berkarya di tengah masa pandemi. Beberapa dari mereka juga menulis lagu khusus yang terinspirasi dari situasi ini, berharap bisa jadi penyemangat untuk tetap optimis dan meningkatkan kesadaran dalam menjaga kesehatan. Berikut playlist-nya.

Do What You Can - Bon Jovi

20170516-Bon Jovi Beri Kejutan dengan Tampil di Pesta Kelulusan-AP
Bon Jovi (AP Photo/Julio Cortez)

Legenda musik rock, Bon Jovi turut tergugah dengan situasi seperti ini. Ia pun mengajak penggemar untuk menciptakan lagu bareng. Kolaborasi Jon dan fans menghasilkan tembang berjudul Do What You Can.

Fans meneruskan lirik di bagian verse yang sengaja dikosongkan, sehingga tercipta kolaborasi secara virtual yang menarik. Lagu ini menceritakan tentang bagaimana cara kita berkontribusi setidaknya untuk lingkungan sekitar dalam menghadapi pandemi.

Kangennya di Rumah Aja - Calvin Jeremy feat Abdul and the Coffee Theory

[Fimela] Calvin Jeremy Visit Film KKN
Calvin Jeremy. (Adrian Putra/Fimela.com)

Musikus Calvin Jeremy juga tergerak untuk berbuat sesuatu lewat karya musik. Kali ini ia melibatkan vokalis Abdul and the Coffee Theory untuk mencipta lagu berjudul Kangennya di Rumah Aja.

Bagan utama lagu ini tercipta dalam waktu satu jam, yang jadi bagian dari one hour song challenge. Kolaborasi Calvin dan Abdul yang punya warna musik yang beririsan menghasilkan lagu easy listening bernuansa pop jazz yang mengangkat sisi pandemi dari sudut pandang yang lebih ringan.

Better Days - One Republic

One Republic
One Republic

Karya yang emosional datang dari grup musik One Republic. Di bulan April lalu, Ryan Tedder dkk merilis single Better Days sebagai penyemangat saat pandemi memasuki masa-masa awal yang cukup meresahkan.

Lewat lagu ini One Republic melakukan donasi untuk korban terdampak virus corona. Mereka bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait seperti WHO dan UN Foundation sebagai wujud kepedulian.

Everything's Gonna Be Fine - Mocca

[Bintang] Mocca
Mocca(Nurwahyunan/Dok Fimela.com)

Dari Indonesia, Mocca juga bersuara tentang pandemi virus corona. Tetap dengan ciri khas mereka dan musik-musik yang ceria, Mocca mencoba meyakinkan semua akan baik-baik saja.

Liriknya ditulis dalam bahasa Inggris, dengan aransemen musik yang cukup ramai. Dari mandolin hingga brass, lagu ini cocok didengarkan untuk pemberi semangat.

Stuck with U - Justin Bieber feat Ariana Grande 

[Bintang] Ariana Grande - Justin Bieber
Ariana Grande - Justin Bieber (People)

Salah satu kolaborasi paling menarik tahun ini datang dari Justin Bieber dan Ariana Grande. Mereka menghadirkan single Stuck with U yang terinspirasi saat Amerika Serikat menjalankan lockdown.

Meski harus bosan karena tak keluar rumah, kehadiran orang terdekat jadi berkah tersendiri. Bersama orang terkasih dan mereka yang ada di sekitar, saling menguatkan dan menebar semangat adalah upaya yang patut dilakukan.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓