4 Hal tentang Kasus Kemiripan Video Klip Via Vallen dengan IU

Nizar Zulmi26 Okt 2020, 21:49 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 21:49 WIB
Via Vallen

Fimela.com, Jakarta Kemiripan karya musisi Indonesia dengan artis K-Pop kembali terjadi. Kali ini kasus tersebut dialami oleh Via Vallen dengan video klip terbarunya, Kasih Dengarkanlah Aku yang dirilis akhir pekan lalu.

Klip tersebut secara kasat mata terlihat mirip dengan MV IU berjudul Above the Time yang diunggah tahun 2019 lalu. Kehebohan pun terjadi setelah fans menyadari kemiripan keduanya yang tak terelakkan.

Berikut beberapa fakta dan kronologi kemiripan antara MV Via Vallen feat Dyrga Dadali dengan IU. 

Awal Mula

Via Vallen
[Foto: Instagram Via Vallen]

Video klip Kasih Dengarkanlah Aku merupakan karya duet Via Vallen dengan vokalis band Dadali, Dyrga. Video klip single itu dirilis pada 23 Oktober 2020 di bawah naungan Ascada Musik selaku label management.

Tak berapa lama setelah diunggah, kolom komentar ramai dengan kritik netter. Banyak yang menyadari jika banyak sekali adegan yang mirip dengan Above the Time milik IU.

Tingkat Kemiripan

Via Vallen - IU (Foto: Twitter)
Via Vallen - IU (Foto: Twitter)

Video klip Kasih Dengarkanlah Aku dibintangi dua penyanyinya, yakni Via dan Dyrga. Sayangnya tingkat kemiripan video klip tersebut sangat tinggi dengan versi aslinya, sehingga menimbulkan berbagai protes.

Mulai dari konsep, adegan detail hingga properti yang digunakan terbilang sangat mirip. Karenanya fans menuntut agar video tersebut diturunkan dari YouTube.

Penjelasan Management

[Fimela] Via Vallen
Via Vallen (Instagram/viavallen)

Ascada Music pun menjawab kegaduhan yang terjadi karena dugaan plagiarisme tersebut. Dalam postingan di Instagram, mereka menjelaskan jika Via dan Dyrga hanya menjalankan tugas mereka sebagai talent.

Sementara konsep seutuhnya merupakan tanggung jawab dari sang sutradara. Chris Sinyal, melalui kolom komentar meminta Via Vallen dan semua pihak yang terlibat atas hal tersebut. Ia pun mengaku terinspirasi dari MV IU, yang membuat netter makin kesal karena sang sutradara tak sepenuhnya mengakui kesalahan.

Via Menanggung Malu

Via Vallen
[Foto: Youtube ascadamusik]

Via Vallen selaku penyanyi mengaku sangat malu ketika tahu bahwa video klipnya mirip dengan karya IU. Ia meminta maaf kepada penggemarnya dan fans IU yang merasa terusik karena kejadian itu.

"Kalau dari awal aku tahu bahwa MV 'Kasih Dengarkanlah Aku' ini plek ketiplek sama MV orang lain, sudah pasti 100 persen bakalan minta ganti konsep," tulis Via Vallen di Instagram Story-nya.

Kini video klip Kasih Dengarkanlah Aku telah dihapus dari YouTube, sementara fans masih menanti permohonan maaf kepada IU dan timnya secara khusus. 

Simak juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓