Zaskia Adya Mecca Belajar Semangat dari 'Mbah' di Jogja

Anto Karibo30 Okt 2020, 20:24 WIB
Diperbarui 30 Okt 2020, 20:24 WIB
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Fimela.com, Jakarta Belajar memang tak selamanya harus di dalam kelas secara formal. Apalagi ketika belajar menjalani hidup. Sebagaimana Zaskia Adya Mecca yang melihat ada pelajaran yang bisa dipetik dari beberapa perempuan berusia lanjut di Yogyakarta.

"Yang masih muda, sehat terus ngeluh ga ada kerjaan.. kita lihat yuk semangat para si mbah..," kata Zaskia Adya Mecca di laman Instagramnya, zaskiadyamecca, baru-baru ini.

Zaskia pun sedikit memberikan deskripsi bagaimana sosok 'mbah-mbah' yang memberikan pelajaran hidup kepadanya tersebut. "Matanya sudah ga jelas untuk melihat, bicaranya pun susah," tuturnya.

"Mohon maap tapi kalau ku agak ga nyambung karena mbah ga paham bahasaku, aku pun belum paham bahasa Jawa. Ini di lampu merah situasi masih gerimis setelah hujan ga berhenti dari pagi sampai jam 13.30 (pas ku ketemu mbah)," lanjut Zaskia Adya Mecca.

Tidak Mengeluh

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Dari Si Mbah, Zaskia Adya Mecca belajar bagaimana untuk selalu tersenyum dalam segala keadaan. Tidak mengeluh dan tidak mau meminita- miinta merupakan hal yang digarisbawahi oleh istri Hanung Bramantyo itu.

"Mbah tetep penuh senyuman (cantik yaaa liat tuu dr samping), jualan koran trus bilang “ga laku nih pada ga mau beli korannya basah semua abis hujan soalnya” -begitu kira2 terjemahannya dari translator di belakang ku @wikan_prabowo," imbuhnya.

"Gak ngeluh, ga cemberut, gak minta-minta! Dikasih uang doang menolak, nyodorin koran kita harus ambil.. (banyak yang dm ku cerita yang sama pas temu si mbah).. Masyaa Allah. Asli di jogja ku ngeliat BANYAK BANGET mbah2 usia diatas 85 tahun masih pada bekerja!" paparnya.

Inspirasi untuk Kaum Muda

Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)
Zaskia Adya Mecca. (Foto: Instagram @zaskiadyamecca)

Zaskia juga mengisahkan tentang sosok mbah yang rumahnya di depan kediamannya di Yogyakarta. Beliau, meskipun sudah berusia 90 tahun lebih, namun masih sangat semangat lelakoni pekerjaan setiapharinya.

"Bahkan lit slide selanjutnha si mbah depan rumah ku persis yang usianya sudah 90++ (beliau da ga inget 90 berapa) masih setiap hari keliling kampung bawa gembolan berat dagang dr pagi sampai menjelang magrib," ujarnya.

Sementara masyarakat sekitar juga sering membantu. Namun, para manula yang ditemui Zaskia ini menjalankan kegiatannya bekerja untuk mengisi masa tuanya, juga supaya tetap mandiri, dan menolak untuk sekedar minta-minta.

"Yang ku lihat kayanya para mbah gak gitu paham dikasih uang berapa juga, karena orientasinya udah bukan uang besar juga. Karena kalau dikasih uang berapa juga cool-cool aja dan ga diliat banget. Makanya kesimpulanku kalau mau bantu para mbah lebih baik dalam bentuk barang aja (sembako dan kebutuhan praktis lainnya). Semoga mereka bisa menjadi inspirasi bagi kita yang muda dan sehat ya," tandas Zaskia.

Saksikan Video Menarik Berikut

Lanjutkan Membaca ↓