Kesan Luna Maya Usai Jadi Dubber di Film Live Action Disney's Mulan

Syifa Ismalia20 Nov 2020, 10:24 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 10:24 WIB
Luna Maya. (Foto: Instagram @lunamaya)

Fimela.com, Jakarta Aktris Luna Maya memiliki kesan tersendiri saat dirinya mengisi suara bahasa Indonesia di film live-action Disney's 'Mulan' sebagai karakter Xian Lang. Awalnya Luna mengira menjadi dubbber bukanlah sesuatu yang sulit.

"(Jadi dubber) ternyata nggak segampang yang dibayangkan. Tapi akhirnya bisa dilewati dengan baik," kata Luna Maya dalam jumpa pers virtual, Kamis (19/11/2020).

Menurut Luna salah satu kesulitan yang dialaminya karena karakter Xian Lang berbanding terbalik dengan dirinya. Musuh Mulan ini memiliki sifat yang datar dan dingin, sedangkan perempuan asal Bali itu sangat ceria.

"Karena ini film bahasa inggris didubbing dengan saya yang bukan menjalankan aktingnya. Terus dia (Xian Lang) kan dingin sementara aku tonenya tinggi dan ceria," beber Luna Maya.

Menerjemahkan Bahasa Indonesia

[Fimela] Luna  Maya
Luna Maya. (Instagram/lunamaya)

Luna Maya juga mengatakan sempat kesulitan karena harus menyamakan mimik serta ucapan sang tokoh yang menggunakan bahasa Inggris dengan dirinya yang memakai bahasa Indonesia.

"Dan bahasa Inggris ngomong sesuatu pendek kan, tapi kalau diartikan ke Indonesia tuh panjang. Jadinya harus ngomong dengan nada datar dan panjang itu tantangan banget buat aku," ujarnya sambil mengingat momen rekaman.

Senang Dilibatkan Menjadi Dubber

[Fimela] Luna Maya di Sumba
Luna Maya di Sumba (Instagram/lunamaya)

Kendati demikian, Luna Maya mengaku senang dilibatkan dalam project tersebut. Apalagi, ia merupakan penggemar film-film Disney.

"Pas denger projek ini aku mikirnya tuh 'akhirnya film ini akan tayang', karena sempat tertunda akibat pandemi kan. Aku seneng dan antusias di waktu yang sama," tutur Luna.

Selain Luna Maya, ada juga nama besar lainnya yang mengisi suara film live-action Disney's 'Mulan' versi bahasa Indonesia, seperti Yuki kato sebagai Mulan, dan Dion Wiyoko sebagai Honggui.

Tak hanya itu, empat penyanyi perempuan berbakat, Yura Yunita, Sivia Azizah, Agatha Pricilla, dan Nadin Amizah, juga akan menghadirkan nuansa spesial dalam lagu ikonik dari film Disney's 'Mulan' dengan lagu Reflection versi mereka.

Live-action Disney’s 'Mulan', ini berkisah tentang prajurit perempuan legendaris dari Tiongkok. Film ini akan tayang pada 4 Desember 2020 mendatang di Disney+ Hotstar.

Sedangkan untuk lagu Reflection versi empat penyanyi perempuan Tanah Air itu sudah bisa didengarkan pada 20 November di platform musik digital, berbarengan dengan video klip.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓