3 Kontroversi Terkait Pengumuman Nominasi Grammy 2021

Nizar Zulmi25 Nov 2020, 16:08 WIB
Diperbarui 25 Nov 2020, 16:32 WIB
Justin Bieber

Fimela.com, Jakarta Di balik reputasinya sebagai ajang penghargaan kelas wahid bagi para musisi dunia, Grammy Awards juga tak terhindar dari kontroversi. Agenda tahunan Recording Academy ini kerap diwarnai protes dari sejumlah artis.

Sejumlah bintang menyebut Grammy menerapkan sistem yang tidak transparan. Bahkan penentuan para nominee hingga pemenang diduga melibatkan masalah personal dari pihak terkait.

Grammy Awards 2021 pun menyimpan sejumlah pertanyaan dari para musisi berikut ini. Apa kata mereka tentang ajang penghargaan yang memasuki gelaran ke-63 tersebut?

The Weeknd Tak Jadi Nominee

The Weeknd di AMA 2020. (AP Photo/Chris Pizzello)
The Weeknd (AP Photo/Chris Pizzello)

Tak bisa dipungkiri, The Weeknd meraih karier yang sukses sepanjang tahun 2020 ini. Ia bahkan baru saja memborong tiga piala dari American Music Awards 2020 kemarin sebagai bukti kualitas.

Anehnya, nama The Weeknd tak muncul sama sekali di jajaran nominee Grammy 2021. Hal itu diduga karena konflik yang terjadi antara The Weeknd dengan petinggi Grammy. Kabarnya pelantun Blinding Lights tersebut tak masuk nominasi karena ia 'diancam' untuk memilih tampil di Grammy atau Super Bowl LV.

Sebagai bentuk protes, pemilik album After Hours ini mengunggah postingan yang menyebut Grammy curang. "Grammy masih saja curang. Kalian berhutang transparansi kepadaku, fans dan para pecinta musik," tulisnya.

Album Justin Bieber

Justin Bieber (Instagram/ justinbieber)
Justin Bieber (Instagram/ justinbieber)

Justin Bieber memang masuk sebagai nominee Grammy 2021. Ia juga senang karya musinya mendapat apresiasi dari para fans dan Recording Academy, yang memasukkannya di kategori pop/rock.

Namun masalahnya justru di situ. Bieber merasa album Changes yang dirilis Februari lalu adalah album RnB. Ia tak habis pikir kenapa album yang ia kerjakan sepenuh hati, justru disalahartikan sebagai album pop.

"Aku sangat teliti dan detail terhadap musik yang kubuat. Artinya aku ingin membuat album RnB tahun ini. Changes adalah album RnB, dan melihatnya tidak dimasukkan di kategori RnB terasa sangat aneh," tulisnya di postingan Instagram terbaru.

Tahun Terbaik Harry Styles?

Harry Styles
Harry Styles (dok. YouTube/Harry Styles/ Brigitta Bellion)

Sejumlah penggemar juga memprotes Grammy terkait pencantuman nama Harry Styles. Musikus yang satu ini melewati tahun 2020 dengan karya brilian bertajuk Fine Line.

Sayangnya Harry tak berhasil masuk di empat kategori terbesar seperti Artist atau Album of the Year. Fans merasa mantan member One Direction itu layak mendapat apresiasi lebih, meski ia juga berpeluang menang di Best Music Video dan Best Pop Vocal Album.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓