Sukses

Entertainment

Afifah Yusuf Tutup Tahun 2020 dengan Single Terbaru, Ketulusan Abadi

Fimela.com, Jakarta Tahun 2020 jadi masa yang menantang bagi para pelaku musik. Meski dengan berbagai keterbatasan, mereka bisa terus berkarya dan mengekspresikan diri. Itu pula yang sedikit banyak turut dirasakan penyanyi muda, Afifah Yusuf.

Selama setahun belakangan ia belajar banyak hal, saat memulai rekam jejaknya di dunia musik. Usai membuka paruh awal tahun dengan single “RASI BINTANG” dan “BENUA BERBEDA”, serta dilanjutkan dengan single kolaborasi bersama Diskoria bertajuk “PELANGI CINTA”, kali ini Afifah Yusuf mempersembahkan “KETULUSAN ABADI” sebagai rilisan penutup karya bermusiknya untuk tahun 2020.

Jika sebelumnya Afifah mengajak para pendengar untuk bernostalgia dan berdansa bersama, kali ini nuansa berbeda dengan apik ia hadirkan di single terbarunya, Mengusung perpaduan musik pop dan folk yang Easy Listening, lagu ini mengajak penikmat musik menyelami kompleksitas cinta, hingga membahas mengenai cinta tak bersyarat.

 

Memaknai Cinta

Menariknya, unconditional love yang coba dituturkan Afifah Yusuf dalam lagu ini tidak hanya berbatas pada perasaan cinta yang dimiliki dua insan manusia yang tengah memadu kasih. Sebagai penulis lagu, Afifah Yusuf memperluas horizon dalam memandang cinta itu sendiri.

“Perspektif dalam lagu ini sebenarnya tidak hanya terkotak-kotakkan pada satu perspektif saja. Perasaan cinta yang coba saya ceritakan dalam lagu ini lebih luas. Bisa cinta dalam artian hubungan romantis bersama pasangan, bisa cinta antara seorang ibu atau orangtua kepada anaknya, atau bisa kepada siapapun kamu merasa menyimpan perasaan yang mendalam. Namun, bagi saya pribadi sebagai penulis dan pencipta melodi lagu ini, ada dua rasa cinta yang paling lekat sebagai inspirasi, yaitu cinta dari seorang ibu kepada anaknya, dan cinta antara pasangan yang akan mengikat janji suci pernikahan,” tutur Afifah Yusuf dalam keterangan pers yang diterima Fimela (2/12).

Proses Kreatif

Proses pembuatan lagu ini berlangsung pada bulan Juli 2020 sebelum akhirnya siap diluncurkan pada akhir tahun 2020 ini. Perjalanan kreativitas lagu ini cukup sederhana, dimulai dari penulisan lirik dan penjahitan melodi oleh Afifah Yusuf yang juga melibatkan beberapa pelaku kreatif musik yang hebat seperti Hezky Joe sebagai arranger.

Alur berlanjut melalui proses editing, mixing, mastering oleh Rio Ndul dan Anggi Anggoro. Sementara itu, pembuatan video musik merupakan kolaborasi antara Afifah Yusuf, Rieska Paramita dan Sebastian Gary Sangitan (Videographer), Jatidiri Ono (Photographer), Yogie Pratama (Wardrobe), Irfani Jelita (Stylist), Tama Pratama (MUA), Firda Jean (Hair Do), dan Fjori Marri (Hand Bouquet).

“Ketulusan Abadi merupakan lagu terakhir yang saya rilis di tahun 2020. Saya berharap lagu ini dapat menghibur dan menemani para pendengarnya melewati akhir tahun 2020. Semoga para pendengar bisa turut merasakan apa yang ingin saya sampaikan. Bahkan bisa bertukar cerita mengenai arti ketulusan abadi bagi masing-masing orang, juga arti cinta, dan perasaan bahagia. Secara momentum, perilisan ‘Ketulusan Abadi’ di akhir tahun menjadi pengingat bagi saya, dan saya harap bagi kita semua. Pengingat bahwa pada akhirnya, masing-masing dari kita dapat bertahan di masa pandemi sepanjang 2020 yang tidaklah mudah”, tutup Afifah Yusuf.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading