Sukses

Entertainment

Kaleidoskop 2020: Sederet Konser dan Festival Musik di Indonesia yang Urung karena Pandemi

Fimela.com, Jakarta Pandemi virus corona yang terjadi di tahun 2020 memberi dampak besar bagi masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Bahkan para pekerja seni seperti [musisi ](Banyak tertunda hingga batal, sejumlah konser dan festival musik jadi hal paling dirindukan di 2020. "")dan event organizer harus kena pukulan telak karena pandemi ini.

Demi mencegah penyebaran COVID-19, musisi mau tak mau harus mengurungkan niatnya menggelar konser. Begitupun dengan festival musik yang sudah jadi hiburan langganan bagi para penikmat musik, harus pula ditiadakan untuk sementara waktu.

Saat kasus merebak pada bulan Maret, masih ada harapan jika event musik bisa dihelat di akhir tahun. Sayangnya hingga Desember ini, kondisi pandemi masih belum bisa dikendalkan dengan baik. Konser virtual pun jadi solusi, meski rasa dan kepuasan ujung-ujungnya tak bisa dibohongi.

Euforia menikmati [konser ](Banyak tertunda hingga batal, sejumlah konser dan festival musik jadi hal paling dirindukan di 2020. "")musisi favorit jadi hal yang sangat dirindukan. Sebagai kilas balik, berikut sejumlah musisi dan festival musik di Indonesia yang terpaksa mundur karena situasi pandemi.

Konser 20 Tahun Bintang Lima Dewa 19

Awal tahun, band legendaris Dewa 19 menyambangi enam kota dalam rangka konser 20 tahun album Bintang Lima. Keenam kota tersebut adalah Bandung,Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan dan Makassar.

Ahmad Dhani Cs telah merampungkan setengah dari turnya tersebut di tiga kota pertama. Sayangnya status pandemi saat itu makin serius yang berujung pada batalnya tiga kota lainnya.

Dimulai 15 Februari 2020 di Bandung, Dewa 19 terpaksa membatalkan sisa turnya. Baladewa di Surabaya, tempat kelahiran Dewa 19 masih beruntung jadi kota terakhir yang disinggahi mereka.

Head in the Clouds Festival

Sukses digelar di beberapa kota di Amerika Serikat, 88rising siap memboyong para jagoannya ke Jakarta. Sayangnya acara yang dijadwalkan 7 Maret 2020 itu harus batal setelah lockdown diberlakukan.

Rich Brian dan NIKI sangat menyayangkan batalnya acara tersebut, karena mereka ingin memberi hiburan terbaik untuk fans di kampung halaman. Mereka pun berharap festival ini suatu saat akan berlangsung meriah di Jakarta.

Hammersonic Festival

Hammersonic Festival jadi salah satu event musik cadas yang punya raputasi kuat di kancah dunia. Sejumlah musisi dan band kelas atas sudah pernah mencicipi ganasnya penonton di Indonesia. 

Sayangnya gelaran yang awalnya direncanakan pada 27 dan 28 Maret 2020 itu harus tertunda. Hammersonic pun sempat diumumkan mundur ke tanggal 15 hingga 17 Januari 2021 sebelum kembali dijadwal ulang ke bulan Maret 2021.

Konser Raisa Live in GBK

Salah satu konser akbar penyanyi Indonesia mustinya terlaksana pada 27 Juni 2020 lalu. Sayangnya konser impian Raisa yang manggung di Stadion Utama Gelora Bung Karno harus diundur karena COVID-19.

Karena situasi yang masih tak menentu, Raisa sempat memindah tanggal konsernya ke 28 November 2020. Sayangnya ia urung terjadi lagi sehingga Raisa memutuskan untuk membatalkan konsernya.

Saat kondisi membaik,  tampaknya Raisa akan siap menghidupkan kembali mimpinya itu. Antusiasme fans terbukti tinggi, sebab 10 ribuan tiket telah terjual, yang terpaksa harus di-refund.

 We The Fest 2020

We The Fest, salah satu festival paling hype di Indonesia juga terkena dampak pandemi. Acara yang harusnya digelar 14 hingga 16 Agustus 2020 itu harus mundur ke tahun depan.

Pihak Ismaya selaku penyelenggara berusaha memastikan suguhan maksimal sebagai pengganti di 2020. Semoga saja kondisi segera membaik dan kesenangan konser bisa kembali kita rasakan bersama.

Simak juga video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading