Di Momen Ulang Tahun, Rieka Roslan Kembali Hadirkan Arti Mencinta

Syifa Ismalia24 Jan 2021, 16:15 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 16:15 WIB
[Bintang] Rieka Roslan

Fimela.com, Jakarta Penyanyi senior Rieka Roslan kembali merilis single hitsnya berjudul Arti Mencinta. Lagu ini terbilang spesial, sebab dirilis bertepatan dengan momen ulang tahunnya yang ke-51 pada 23 Januari 2021.

"Terima kasih untuk seluruh radio yang sudah memutar lagu Arti Mencinta, inilah arti mencinta yang sesungguhnya buat ku saling menjaga saling memahami saling mendengar saling menerima," tulis Rieka Roslan melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (24/1/2021).

Arti Mencinta diciptakan Rieka Roslan 18 tahun lalu untuk para akademia ajang Akademi Fantasi Indosiar (AFI) 1. Saat itu, lagu ini dibawakan Hera AFI, Laksmi AFI, dan Yeni AFI. Ketika dibawakan para akademia pada 2003, lagu ini sempat menduduki sejumlah tangga lagu di Indonesia.

Latin Jaz

Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJoNty9s12Y/)
Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJoNty9s12Y/)

Rieka Roslan mengemas lagu tersebut dalam balutan aransemen musik latin Jaz. Ia pun mengatakan sudah sejak lama memiliki ketertarikan menyanyikan lagu dengan nuansa seperti itu.

Di industri musik Indonesia, aransemen tersebut jarang digunakan para musisi. Idealisme bermusik Rieka Roslan menuntunnya untuk membuat irama latin jaz menjadi manis kala dilantunkan olehnya.

Lebih lanjut, Rieka Roslan mengaku terkenang mendiang Elfa Secioria yang merupakan gurunya di panggung musik. Semasa hidup, beliau jadi sosok yang berjasa bagi Rieka Roslan memperkenalkannya dengan musik latin jaz. Aransemen yang tak banyak dilirik label rekaman saat merilis karya musik.

"Rieka terkenang gurunya alm. Elfa Secioria yang dulu sangat teliti mengajarkan Rieka tentang musik latin jazz. Untuk mewujudkan keinginannya itu Rieka mengajak sahabat-sahabat yang sama-sama mendapat sentuhan dan menimba ilmu dari bang Elfa sehingga lagu ini aransemennya menjadi original latin jazz yg mungkin saat ini tidak banyak yang berani membuat genre musik ini di industri musik di Indonesia," tulisnya.

Karakter Musik

Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJeF3Mzsx7e/)
Rieka Roslan (https://www.instagram.com/p/CJeF3Mzsx7e/)

Rieka juga mengatakan bahwa dirinya selalu ingin membuat musik yang sesuai dengan karakternya. Ini sekaligus menangkis anggapan yang menyebut karya segmented tak bakal disukai masyarakat.

Terbukti, lagu-lagu yang diciptakan dan dibawakan Rieka Roslan tetap mendapat sambutan dan dikenal pencinta musik Indonesia, seperti lagu yang dinyanyikan beberapa penyanyi, Cobalah Untuk Setia (Krisdayanti) dan Izinkan Aku Menyayangimu (Iwan Fals).

"Rieka selalu ingin membuat music yang dirasa pas sesuai dengan karakter dirinya dan menggiring opini masyarakat pada segmen yang menurut sebagian orang idealis namun pasa akhirnya terbukti bahwa lagu-lagu dengan genre seperti ini ada pasarnya di industri musik Indonesia," katanya.

Rieka Roslan sendiri dikenal publik saat dirinya bergabung dengan The Groove. Kemudian tahun 2008 ia bersama Andien, Nina Tamam, Iga Mawarni, dan Yuni Shara membuat grup musik bernama 5 Wanita.

Simak video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓