3 Alasan BLACKPINK Jarang Hadiri Ajang Penghargaan Musik

Nizar Zulmi27 Jan 2021, 20:08 WIB
Diperbarui 27 Jan 2021, 20:21 WIB
Blackpink. (Foto: Daniel Hong/ YG Entertainment USA )

Fimela.com, Jakarta Dari tahun ke tahun, BLACKPINK terus bertumbuh dan menunjukkan progres dalam kariernya. Saat ini mereka bisa dibilang sebagai salah satu girl group K-Pop terpopuler dengan segala pencapaian yang diraih.

Nama Jennie dkk sudah banyak tercatat di nominasi ajang penghargaan musik dari skala nasional hingga global. Rentetan piala dan gelar telah menghiasi ruang trofi mereka.

Namun jika diamati pelantun hits How You Like That ini memang jarang menghadiri acara awarding. Hal itu menimbulkan spekulasi dari berbagai kalangan, termasuk ketika mereka dicap arogan karena jarang tampil.

Di balik itu, ada hal-hal yang membuat BLACKPINK terpaksa absen dari acara penghargaan. Berikut beberapa alasannya.

Pengalaman Dicurangi

Blackpink. (Instagram/ blackpinkofficial)
Blackpink. (Instagram/ blackpinkofficial)

Mnet Asian Music Awards jadi salah satu award show yang dinantikan jutaan fans tiap tahunnya. BLACKPINK pun pernah masuk beberapa kategori di ajang ini, meski mereka tak pernah hadir secara langsung.

Rupanya hal itu terjadi bukan karena 'sombong', melainkan hubungan yang memanas antara MAMA dengan YG Entertainment. Para talenta YG pun tak pernah mendapat penghargaan tertinggi meski mereka saat itu dinilai sangat layak. Sebut saja iKON, ketika Love Scenario sedang meroket, ia justru kalah dari What Is Love? sebagai lagu terbaik pada 2018. 

Kembali ke tahun 2017, perlakuan culas MAMA terjadi kepada BLACKPINK. Saat nominee Best Female Group dimunculkan pada 2017 lalu. Ada TWICE, Red Velvet, GFriend dan BLACKPINK yang fotonya ditampilkan. Dan hanya foto BLACKPINK yang bagian wajah personelnya diblur berwarna merah. 

Agenda Padat

Blackpink. (YG Entertainment via Instagram/ blackpinkofficial)
Blackpink. (YG Entertainment via Instagram/ blackpinkofficial)

Alasan kedua tentunya tentang jadwal aktivitas mereka yang sangat padat. Banyak sekali acara penghargaan yang mencantumkan nama mereka sebagai nominee hingga pemenang, yang tentunya sulit untuk dihadiri satu per satu.

Belum lagi agenda promosi mereka di berbagai platform, atau tur di beberapa negara sebelum terjadi pandemi. Di luar musik, mereka juga punya agenda lain seperti iklan, pemotretan majalah, hingga aktivitas solo seperti Lisa yang jadi mentor di ajang survival di luar Korea Selatan.

Award = Rekayasa?

Blackpink/dok. Instagram @blackpinkofficial
Blackpink/dok. Instagram @blackpinkofficial

Masih ada kaitannya dengan alasan pertama, faktor lain yang membuat BLACKPINK, di bawah pengawasan YG, tidak menghadiri banyak acara penghargaan. Mungkin beberapa netter juga tahu jika beberapa acara award berlangsung tidak transparan.

Karena sistem yang tidak terbuka, akhirnya seringkali terjadi rekayasa. Masalah personal seperti di MAMA, atau hal lain jadi penyebab mereka enggan hadir di acara serupa. Tablo dari Epik High mengungkap ada satu acara yang sudah membocorkan nama pemenang kepada sang artis, dan mereka dipaksa untuk datang. Sindiran dilayangkan jika artis atau grup tersebut tak hadir. Dan masih banyak lagi kasus di mana pemenang dari sederet kategori tercium seolah-olah sudah diatur. 

Akankah BLACKPINK mulai rajin menghadiri acara penghargaan di tahun 2021 ini?

Simak juga video menarik berikut:

Lanjutkan Membaca ↓