Sukses

Entertainment

5 Bassist Dunia yang Auranya Saingi Sang Vokalis

Fimela.com, Jakarta Seorang bassist memiliki peran penting dalam sebuah grup musik. Mereka bertanggung jawab menjaga tempo seperti drummer, tapi juga lincah memainkan nada-nada seperti gitaris, bahkan menjadi pusat perhatian layaknya vokalis.

Karenanya untuk menjadi bassist yang legendaris, keluwesan dan karakter kuat diperlukan. Seperti halnya para pemain bass kelas dunia berikut ini.

Mereka menjadi bukti bahwa pemain bass tak kalah karismatik dari sang vokalis yang jadi frontman. Nama-nama di bawah ini bermain dengan jiwanya, sehingga jadi influence para musisi lain untuk berkarya.

John Entwistle

Pertama ada bassist legendaris asal Inggris, John Entwistle. Musikus yang satu ini jadi legenda yang menginspirasi banyak orang dengan permainannya.

Entwistle merupakan personel band The Who, yang gaya bermainnya kerap mencuri perhatian. Dunia pun berduka ketika ia meninggal pada tahun 2002, dengan kecintaan yang masih tinggi terhadap dunia musik.

Billy Sheehan

Berikutnya merupakan musisi yang dikenal dengan gayanya di atas panggung. Ia merupakan bassist grup Mr. Big, di mana ia menunjukkan kepiawaiannya memainkan melodi unik dengan bass.

Selain jadi personel Mr. Big ia juga tergabung di beberapa project dengan musisi lain. Beberapa di antaranya adalah Steve Vai, Niacin, dan The Winery Dogs.

Flea

Bicara soal bassist yang punya aura kuat di panggung, nama yang satu ini tentunya harus ada. Ia tak lain adalah bassist Red Hot Chili Peppers, Michael Peter Balzary atau yang lebih populer dengan nama Flea.

Flea dikenal dengan permainan funk yang kental dengan teknik slapping. Flea kerap membuat suasana panggung jadi hidup dan enerjik dengan tingkahnya yang selalu menjunjung tinggi totalitas.

John Myung

Kadang untuk menjadi musikus yang karismatik di atas panggung, tak perlu banyak aksi. Pemain bass yang satu ini justru lekat dengan image-nya yang kalem, diam tapi mematikan.

John Myung telah lama menjadi punggawa Dream Theater. Jari-jarinya kerap menarik di atas fret bass, membuat penonton terkesima. Ia menjaga sikapnya yang lowkey, seperti tidak terlalu mengencangkan volume instrumennya ketika manggung.

Paul McCartney

Daftar ini ditutup dengan sosok yang jadi idola jutaan orang maupun musisi lainnya. Ia tak lain adalah Paul McCartney, pentolan The Beatles yang kini menjadi legenda hidup.

Kehadirannya di Beatles kerap menjadi sorotan dengan gaya bermain kidalnya. Tak hanya berperan sebagai bassist, Macca juga jadi penulis lagu dan arranger yang produktif, bahkan setelah bandnya bubar, ia masih aktif menelurkan karya dan manggung tanpa kenal usia.

Simak juga video menarik berikut:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading