Sukses

Entertainment

5 Penyanyi Indonesia dengan Karakter RnB yang Kuat

Fimela.com, Jakarta Musik RnB jadi genre yang cukup diminati para penikmat musik di Indonesia. Ciri khasnya, musik jenis ini diaransemen dengan beat dan tempo yang sedang, dan yang paling utama, menonjolkan teknik vokal.

 Penyanyi RnB pada umumnya memiliki teknik vokal yang matang. Tak hanya punya range yang cukup luas, mereka biasanya juga andal memainkan riffs and runs, salah satu aspek fundamental di genre tersebut.

Secara sederhana, riffs and runs bisa disamakan dengan 'cengkok', di mana melodi lagu dilantunkan secara rapat dan naik turun. Beberapa penyanyi Indonesia sangat lihai memainkannya, berikut ulasannya.

Rahmania Astrini

Penyanyi muda, Rahmania Astrini menjadi rising star dengan suara merdunya. Lagu-lagu RnB sangat cocok dengan karakter suaranya yang dalam dan lincah meliuk.

Di single perdana, Astri sempat menjajal musik pop ballad. Namun perlahan ia mulai menemukan kenyamanan dengan musik RnB, dari yang bertempo pelan hingga upbeat.

Teza Sumendra

Berikutnya ada pemilik suara rendah yang juga sangat berkarakter. Ia adalah Teza Sumendra yang telah menghadirkan lagu-lagu bernuansa RnB sejak awal kemunculannya.

Pernah mengikuti ajang pencarian bakat, Teza menemukan kenyamanan berkarya di zona sidestream. Dengan begitu ia bisa bebas berekspresi dan menuangkan ide-idenya dalam karya musik.

 

Jalur musik pop juga mengawali karier Rinni Wulandari. Setelah membuktikan kualitasnya sebagai juara ajang menyanyi, Rinni konsisten merilis karya demi karya.

Seiring waktu ia makin percaya diri dengan lagu-lagu yang mengeksplor vokalnya lebih jauh. Ia juga membuat musik bersama Soundwave bersama sang suami, untuk memberi warna lain dari yang selama ini orang kenal.

Gamaliel

Dalam grup vokalnya, GAC, pria yang satu ini sudah cukup familiar dengan lagu-lagu RnB. Beberapa penyanyi favoritnya mengusung genre ini, sehingga ia memaksimalkan potensinya di RnB.

Begitupun saat merilis karya solo, Gamaliel tetap menjaga warna RnB-nya. Riffs and runs yang dimilikinya mumpuni untuk membuat lagu menjadi nyaman dan berkelas.

NIKI

Terakhir ada talenta asal Indonesia yang sukses menembus pasar Amerika. Ia tak lain adalah Niki Zefanya, atau akrab disapa NIKI.

Media luar negeri memberinya julukan RnB Princess, berkat suara indahnya. Tak hanya itu, NIKI juga dikagumi berkat kemampuan songwriting-nya yang sukses menelurkan sederet hits.

Simak video menarik berikut ini:

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading