7 Artis Ini Mengidap Autoimun, Tampak Selalu Sehat

Anto Karibo23 Feb 2021, 12:24 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 12:24 WIB
[Fimela] Andrea Dian

Fimela.com, Jakarta Sebuah penyakit memang tak pernah mengenal kalangan, usia, maupun gender. Seperti penyakit autoimun, yang bisa diderita oleh siapa saja, termasuk oleh kalangan artis sekalipun. Para dokter sendiri belum yakin dengan sebab pasti penyakit tersebut.

Bisa jadi faktor genetik, pola makan, infeksi, dan juga paparan pada zat kimia adalah yang menjadi penyebab kuat penyakit tersebut. Dan menurut studi tahun 2014, dibandingkan pria, perempuan lebih beresiko 6,4 persen.

Penyakit autoimun merupakan kondisi saat sistem imun tubuh justru malah berbalik menyerang tubuh dan bukannya melindungi tubuh. Penyakit ini bisa berbahaya ketika banyak organ penting yang diserang.

Lalu siapa saja artis Indonesia penderita autoimun, namun tampak sehat dan masih terus melakukan aktivitasnya?

Ashanty

[Fimela] Ashanty
Ashanty (Instagram/ashanty_ash)

Kala melakukan tes kesehatan, Ashanty mengaku kaget ketika dirinya didiagnosa mengalami penyakit autoimun. Ia mengaku susah tidur, mudah cemas, jadi pelupa, juga mudah stres.

Qory Sandioriva

[Fimela] Qory Sandioriva
Qory Sandioriva (Instagram/Qory Sandioriva)

Qory Sandioriva pernah mengidap penyakit autoimun. Ia yang menggunakan steroid sebagai obat untuk menekan menjalarnya penyakit, harus mendapati berat badannya naik drastis. Qory juga pernah berobat ke Singapura dan Korea Selatan.

Raditya Dika

[Bintang] Raditya Dika
XYZ Day 2018 (Adrian Putra/bintang.com)

Sejak beberapa tahun lalu, Radity Dika mengidap penyakit autoimun. Penyakit autoimun yang diderita Radit menyerang kulit dan sendi. Biasanya Radit mengalami kulit kering dan ruam, juga persendian yang pegal, terlebih ketika stres.

Ega Olivia

Ega Olivia (liputan6.com/Rizky Aditya Saputra)
Ega Olivia (liputan6.com/Rizky Aditya Saputra)

Ega dikenal sebagai pemeran film Catatan Akhir Sekolah. Ia sempat vakum setelah divonis menderita penyakit lupus. Lupus sendiri merupakan penyakit peradangan kronis yang disebabkan oleh sistem imun atau kekebalan tubuh yang menyerang sel, jaringan, dan organ.

Cici Panda

Cici Panda
Lewat unggahan di akun Instagramnya, Cici Panda mengatakan bahwa dirinya terus berpikir bagaimana bisa lebih sabar menghadapi anak-anaknya. Ia mengaku, terkadang kesabarannya pun hilang tak tahu kemana. (Instagram/pandasuper)

Sejak 2015, Cici Panda didiagnosa mengidap autoimun vaskulinitis, yang menyebabkan peradangan di bawah kulit.

Enzy Storia

Enzy Storia
(Bambang E.Ros/Fimela)

Pada tahun 2009, Enzy Storia pernah mengalami sakit dan ngilu di jari-jari kakinya. Ia tak menyangka jika setelah dibawa ke dokter, ternyata ada penyakit autoimun pada dirinya.

Andrea Dian

[Fimela] Andrea Dian
(Instagram/andreadianbimo)

Sebuah perjuangan hebat dilakukan oleh Andrea Dian ketika dirinya terpapar virus covid-19 beberapa waktu lalu. Pasalnya, ia juga mengidap penyakit autoimun. Ia pun harus melawan dua penyakit sekaligus ketika itu.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓