6 Artis K-Pop yang Lagunya Hilang dari Platform Musik Digital

Nizar Zulmi01 Mar 2021, 20:08 WIB
Diperbarui 01 Mar 2021, 20:45 WIB
GFriend

Fimela.com, Jakarta Hari ini, Senin 1 Maret 2021 para penikmat K-Pop dikejutkan dengan 'hilangnya' lagu-lagu favorit mereka di Spotify. Usut punya usut, rupanya platform streaming musik tersebut tengah menghadapi isu lisensi dengan Kakao M.

Kakao M sendiri merupakan salah satu distributor musik terbesar di Korea. Ia menjadi wadah bagi para musisi dan label dalam menyebarluaskan karya mereka di berbagai platform.

Masalah ini cukup masif, karena ratusan lagu ditengarai lenyap dari aplikasi streaming musik tersebut. Kerja sama Kakao M dengan Spotify sendiri telah berlangsung selama satu setengah tahun dan telah berakhir pada hari ini.

"Terlepas dari upaya yang kami lakukan, lisensi yang kami sepakati dengan Kakao M telah berakhir."ujar perwakilan Spotify dikutip dari NME, Senin (1/3/2021).

Fans pun ramia membahas perihal Kakao M dan Spotify yang belum mencapai titik temu. Berikut beberapa artis yang lagunya tak bisa ditemukan lagi di Spotify.

MAMAMOO

[Bintang] Egotistic, Lagu Baru Mamamoo yang Bernuansa Latin
Mamamoo (Foto: soompi.com)

Girl group yang satu ini cukup produktif selama dua tahun terakhir. Mamamoo menunjukkan performa yang kuat dan makin banyak mendapat sorotan yang harusnya sudah lama mereka raih.

Sayangnya banyak karya mereka yang tak bisa ditemukan lagi di Spotify. Album terakhir yang bisa ditemukan adalah Purole (2017). Selain itu juga ada beberapa lagu anyar seperti AYA versi Jepang yang ternyata masih ada.

IU

IU
IU (Allkpop)

Selain Mamamoo, fans juga sangat kecewa dengan tidak bisa diaksesnya lagu-lagu IU di Spotify. Hampir semua albumnya dari tahun 2010 hingga terbaru tak bisa diputar,

Untungnya sejumlah trek populer seperti BBI BBI, Palette, Ending Scene dan beberapa lainnya masih bisa didengar. 

Monsta X

Monsta X. (Starship Entertainment via Soompi)
Monsta X. (Starship Entertainment via Soompi)

Artis berikutnya adalah boy group asal Starship Entertainment, Monsta X. Album-album yang rilis di beberapa tahun awal karier mereka tak bisa diakses.

Namun fans Monsta X cukup beruntung karena masih bisa mendengar sejumlah EP dan album terbaru. 

Loona

Loona
Loona

Loona juga menjadi artis yang terdampak masalah lisensi Spotify dengan Kakao M. Album-album mereka dari tahun 2018-2020 hampir semuanya hilang dari peredaran.

 

Epik High feat Zico, CL
Epik High feat Zico, CL

Grup musik legendaris, Epik High tampaknya juga menjadi pihak yang dirugikan dengan adanya kasus ini. Tablo dkk dikenal sebagai grup yang memiliki pendengar luas, mulai dari Asia, Eropa hingga Amerika.

Apalagi mereka baru saja merilis album ke-10 mereka, Epik High Is Here. Album ini menghadirkan sederet artis terbaik sebagai kolaborator, di antaranya B.I, Zico dan CL.

SISTAR

[Bintang] Walaupun Sudah Bubar, Mantan Personel SISTAR Tetap Kompak
SISTAR (Foto: allkpop.com)

Dampak masalah ini tak hanya menimpa para artis yang masih aktif. Grup seperti SISTAR juga turut kena imbasnya.

Grup yang satu ini dikenal sebagai salah satu grup terbaik dari generasi kedua. Fans pun sulit bernostalgia lagu-lagu hits SISTAR seiring hilangnya album mereka di platform tersebut.

Simak juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓