5 Fakta Reading Festival yang 'Nekat' Digelar Agustus 2021

Nizar Zulmi01 Mar 2021, 22:08 WIB
Diperbarui 02 Mar 2021, 00:05 WIB
Reading Festival

Fimela.com, Jakarta Konser dan festival musik adalah hal yang banyak direnggut oleh situasi pandemi. Tak heran jika banyak orang di luar sana yang sangat 'haus' akan atmosfer panggung yang meriah.

Sayangnya situasi masih belum memungkinkan, bahkan setelah setahun sejak virus ini mewabah. Sejumlah event musik pun batal atau tertunda hingga waktu yang ditentukan. 

Namun salah satu acara musik tersohor di dunia, Reading Festival kabarnya tetap akan 'nekat' digelar di tahun 2021 ini. Apakah ini keputusan yang emosional, atau ada kalkulasi secara matang? Berikut beberapa hal tentang isu tersebut.

Sold Out

Reading Festival 2019
Reading Festival (readingfestival.com/Charles Reagan)

Reading Festival jadi ajang tahunan bergengsi yang telah jadi tradisi bagi penikmat musik. Penyelenggara cukup yakin acara tahun ini bisa terselenggara pada 27-29 Agustus 2021 mendatang.

Tiket telah dijual beberapa waktu lalu dan tak butuh waktu lama untuk sold out. Terlepas dari situasi yang masih tak menentu, kerinduan menyaksikan konser secara langsung tampaknya tak bisa lagi dibendung.

Kenapa Nekat?

Reading Festival
Reading Festival (readingfestival.com/Lindsay Melbourne)

Pihak penyelenggara ingin mewadahi euforia yang sebegitu besar terhadap festival musik. Mereka bahkan siap melakukan langkah besar terhadap Perdana Menteri jika acara tak mendapat izin.

"Berdasarkan pengumuman dari pemerintah, kami sudah tak sabar kembali ke lapangan di musim panas ini. LET'S GO," kata Melvin Benn dari pihak penyelenggara dilansir dari Berkshire Live (1/3).

"Aku mendukungnya, dan akan memastikan hal itu (vaksin massal) terlaksana. Akan ada sekitar 200.000 muda-mudi yang akan turut memantaunya," tambah Melvin.

Lineup

Reading Festival 2021
Reading Festival (readingfestival.com)

Reading Festival 2021 siap menghadirkan jajaran lineup terbaik dari berbagai macam genre. Setelah absen di 2020, nama-nama besar sudah siap mengisi panggung dan melepas hasrat bermusik mereka.

Sejumlah headliners yang sudah diumumkan antara lain Liam Gallagher, Lewis Capaldi, Stormzy, Two Doors Cinema Club, Doja Cat dan masih banyak lagi. Simak daftar lengkapnya di sini.

Tawaran Menggiurkan

Reading Festival 2021
Reading Festival (readingfestival.com/Phoebe Fox)

Kabar digelarnya Reading Festival 2021 memang jadi sebuah wacana yang sangat menggiurkan. Konser virtual yang selama ini jadi substitusi sementara tak mampu menandingi adrenaline rush ketika berdansa di venue konser.

"Jika semua orang di atas usia 60 tahun, atau 50 tahunan dapat vaksinasi akhir Mei nanti...astaga, tidak akan ada yang bisa mengentikan rencana kita. Bayangkan seberapa seru acara itu nanti. Akan sangat keren, bukan?" ujar sang petinggi dari pihak penyelenggara.

Waktu yang Menjawab

 

Reading Festival
Reading Festival (readingfestival.com/Charles Reagan)

Selain Reading, Leeds Festival kabarnya juga akan mengakhiri paceklik hiburan, terutama event musik. Akankah rencana kedua event besar di Britania ini akan terwujud dengan sempurna?

Ajang serupa seperti Coachella hingga Glastonbury sebelumnya juga sempat dinyatakan bakal digelar pada 2020 dan awal 2021. Sayangnya situasi dan regulasi masih belum memihak.

Hanya waktu yang bisa menjawab, apakah Reading Festival jadi festival musik pertama yang mendobrak batas pandemi?

Lanjutkan Membaca ↓