Sukses

Entertainment

Belajar dari Ashanty, Waspada Meningitis Agar tak Cacat Permanen atau Hilang Nyawa

Fimela.com, Jakarta Sederet pesohor hiburan tanah air pernah didiagnosa menderita penyakit meningitis. Sebut saja Glenn Fredly, Ashanty, Giska Putri, Olga Syahputra, dan lainnya. Dari beberapa nama itu, kebanyakan dari mereka tak bisa bertahan dari ganasnya penyakit tersebut.

Memang, meningitis merupakan salah satu penyakit infeksi yang terdengar asing dibandingkan dengan penyakit infeksi lainnya, yang seringkali terabaikan. Padahal, penyakit ini tak boleh dianggap remeh. Bahkan meningitis dinilai merupakan salah satu kegawatdaruratan medis yang harus mendapat prioritas pengobatan.  

"Hal ini dikarenakan kasus ringan pada meningitis bahwa dapat mengakibatkan kecacatan permanen seperti hilangnya pendengaran, Sementara pada kasus berat, dapat mengakibatkan kematian," ujar dr. Herbowo Soetomenggolo melalui akun Instagram @kenapaharusvaksin, baru-baru ini.

Ashanty sendiri merupakan satu di antara beberapa nama artis yang selamat dari meningitis. Beberapa lainnya yang bisa selamat adalah Juwita Bahar, dan juga mantan basis Armada, Endra.

Harus Waspada

Mengambil kisah Ashanty yang pernah didiagnosa menderita meningitis sejak 2013 silam. Kala itu, istri Anang Hermansyah itu mengeluh tentang sakit kepala yang tak kunjung sembuh. Ia bahkan sempat terjatuh saat salat Maghrib.

Akhirnya Ashanty pun memeriksakan diri ke RS MMC Kuningan, Jakarta Selatan. Setelah pemeriksaan, dokter pun mendiagnosa kalau Ashanty kena meningitis. Beruntung saat itu ia memeriksakan kondisi lebih awal, sehingga meningitis pun bisa disembuhkan.

Karenanya, dr. Herbowo me;anjutkan bahwa seseorang sebaiknya waspada terhadap penyakit ini. Sebab meningitis merupakan salah satu infeksi yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Meningitis ialah infeksi yang terjadi pada selaput pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. 

Pada tahun 2016, terdapat 4.313 orang dari 78.018 kasus meningitis di Indonesia. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kasus dan kematian tertinggi di Asia Tenggara akibat meningitis.

"Salah satu jenis meningitis yang paling berbahaya adalah meningitis yang disebabkan oleh bakteri neisseria meningitidis, yang disebut Invasive Meningococcal Disease (IMD)," kata Herbowo.

Perlunya Pengawasan

Indonesia memiliki risiko importasi kasus IMD yang cukup tinggi mengingat jumlah jemaah haji dan umrah serta pekerja migran Indonesia (PMI) sangat besar. Di samping itu adanya mobilitas yang sangat tinggi baik keluar atau dari dalam Indonesia, juga memberikan kontribusi dalam meningkatkan risiko importasi.

"Karena itu, perlu ditingkatkan pengawasan kesehatan terhadap pelaku perjalanan khususnya yang akan pergi atau datang dari negara endemis, dan pelaku perjalanan dengan agenda kegiatan yang bersifat massal (haji, umrah, dan kegaiatan- kegaiatan level internasional seperti kegiatan olahraga atau olimpiade)," paparnya.

IMD, kata Herbowo kadang sulit didiagnosis karena tanda dan gejala sering mirip dengan penyakit lain. Masa inkubasi meningokokus terjadi selama 1-10 hari, pada umumnya < 4 hari. Adapun gejala umum yang sering ditemui oleh penderita IMD antara lain, sakit kepala hebat, demam, mual, muntah, fotofobia (sensitif terhadap cahaya), kaku kuduk/ leher, tanda gangguan neurologis seperti koma.

"Jika tidak segera ditangani dengan tepat, orang yang terinfeksi IMD dapat meninggal. Tingkat kematian yang disebabkan oleh IMD dapat mencapai 50 persen," tutur Herbowo.

Jalan Keluar

Baiknya, penyakit yang sangat berbahaya ini dapat dicegah oleh vaksinasi. Sayangnya kesadaran masyakat untuk melakukan vaksinasi sebagai langkah pencegahan utama masih sangat kurang. Terdapat dua tipe vaksinasi meningitis yang tersedia saat ini, yaitu Meningococcal Conjugate Vaccine (MCV) atau vaksin yang mengandung empat serogroup (A, C, Y, W135) neisseria meningitidis ini dapat digunakan mulai usia 9 bulan hingga 55 tahun.

Vaksin ini memiliki proteksi lebih lama yakni lebih dari lima tahun setelah vaksinasi dan dapat menginisiasi imunitas seumur hidup. Lalu, Meningococcal Polysaccharide vaccines (MPSV): vaksin yang mengandung 4 serogroup (A, C, Y, W135). eisseria meningitidis ini diberikan untuk anak di atas dua tahun. Imunitas dari vaksin hanya dapat melindungi selama tiga tahun setelah vaksinasi dan tidak menginisiasi imunitas seumur hidup.

"Meningitis bisa memberikan dampak serius bahkan mengancam nyawa karena penyakitnya bisa datang secara tiba-tiba. Melalui vaksinasi dan berbagai tindakan pencegahan lainnya, Anda bisa menghindari risiko berbahaya dari penyakit ini. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi vaksin terbaik untuk Anda," tandas konsultan neurology anak ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ashanty adalah seorang penyanyi asal Indonesia, dan merupakan istri dari Anang Hermansyah
    Ashanty adalah seorang penyanyi asal Indonesia, dan merupakan istri dari Anang Hermansyah

    Ashanty

  • Meningitis berasal dari kata meninges yang berarti selaput otak dan –itis yang berarti peradangan.

    Meningitis

What's On Fimela
Loading