9 Artis Lahirkan Bayi Prematur, Sebabnya dari Diare sampai Preeklampsia

Anto Karibo30 Apr 2021, 09:24 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 09:24 WIB
[Fimela] Audi Marissa

Fimela.com, Jakarta Kisah tentang proses melahirkan memang selalu berbeda pada setiap perempuan. Tak jarang mereka, termasuk beberapa artis harus dihadapkan pada situasi yang pilihannya harus diambil dengan cepat, seperti melahirkan bayinya di usia yang masih prematur.

Banyak sebab yang membuat perempuan melahirkan prematur bayi yang dikandungnya. Biasanya ada sebab medis yang membuat dokter maupun bidan menyarankan agar persalinan segera dilakukan.

Mereka pun harus melahirkan jauh dari hari perkiraan lahir (HPL) yang sebelumnya diberikan oleh dokter. Berikut adalah artis-artis yang melahirkan bayi prematur.

Audi Marissa

[Fimela] Audi Marissa
Audi Marissa (Instagram/audimarissa)

Audi Marissa melahirkan bayi pertama dari pernikahannya dengan Anthony Xie pada Rabu, 7 April 2021. Bayi tersebut lahir di usia 31 minggu karena Audi sudah mengalami kontraksi. Bayi mungil tersebut akhirnya harus ditempatkan di inkubator.

Asri Welas

[Fimela] Asri Welas
Asri Welas (Instagram/asri_welas)

Asri Welas melahirkan anaknya sebelum HPL karena air ketubannya yang sudah mau kering. Ia mengaku sebelum HPL, mengalami diare dan sempat dirawat di rumah sakit selama beberapa hari.

Joanna Alexandra

[Bintang] Joanna Alexandra
Joanna Alexandra dan Ziona Eden Alexandra. (Foto: instagram.com/joannaalexandra)

Joanna Alexandra melahirkan bayinya di usia prematur. Saat itu kondisi jantung sang bayi lemah. Joanna yang sebenarnya melakoni jadwal periksa, harus menginap di rumah sakit dan menjalani persalinan keesokan harinya. Usai lahir, sang anak pun harus menginap di NICU dan dibantu dengan alat pernapasan.

Zaskia Gotik

[Fimela] Anak Zaskia Gotik
Anak Zaskia Gotik (Instagram/zaskia_gotix)

Zaskia Gotik juga melahirkan bayinya yang berusia prematur. HPL yang diberikan dokter adalah akhir Desember 2020, sementara ia mengalami kontraksi dan akhirnya melahirkan pada 7 November 2020. Sang bayi pun harus masuk inkubator selama beberapa hari.

Aura Kasih

Aura Kasih
(Instagram/aurakasih)

Aura Kasih harus melahirkan lebih dulu dari HPL dari dokter karena saat itu ada kejadian yang mengharuskannya segera melahirkan. Saat itu diketahui bahwa air ketubannya sudah kering. Ia melahirkan sebulan lebih cepat dari perkiraan dokter.

Nikita Mirzani

5 Pemotretan Nikita Mirzani dengan Ketiga Anaknya, Curi Perhatian
Pemotretan Nikita Mirzani dengan Ketiga Anaknya (Sumber: Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Pada usia 35 minggu, Nikita Mirzani melahirkan anak ketiganya. Bukan karena kehamilannya bermasalah atau ada penyakit bawaan, namun saat itu dokter melihat bekas jahitan operasi sesar sebelumnya sudah menipis.

Winda Viska

[Bintang] Winda Viska
"Gak tau itu terjadi, katanya menyerang ginjal sel darah merahnya udah pecah pecah. Khawatir, yaudah gak bisa nunggu lagi jadi harus operasi dalam keadaan tensi 190-180-an," ujar istri Mulyadi Tan. (Instagram/windaviska)

Winda harus melahirkan prematur bayinya karena preeklampsia yang dialami. Preeklampsia ini dialami Winda saat memasuki trimester kedua kehamilan. Saat itu, bayi penyanyi jebolan Indonesian Idol itu hanya memiliki berat 2,02 kg dan paru-parunya belum sempurna.

Cynthia Lamusu

[Fimela] Surya Saputra dan Cynthia Lamusu
Surya Saputra dan Cynthia Lamusu (Instagram/suryasaputra507)

Masalah preeklampsia membuat Cynthia Lamusu melahirkan bayi kembarnya di usia prematur. Saat itu tekanan darah Cynthia mencapai 170/100 mmHg. Saat lahir, kedua bayi tersebut harus dirawat di NICU.

Jessica Iskandar

Jessica Iskandar dan El Barack
(Instagram/inijedar)

Karena migrain parah dan gatal di seluruh kulitnya, terutama bagian tangan, Jessica Iskandar pun harus melahirkan anaknya sebelum HPL dari dokter. Jessica sempat diopname dan setelah membaik, dokter pun melakukan induksi dalam persalinan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓