Donny Alamsyah Poligami di Sajadah Panjang

Syifa Ismalia06 Mei 2021, 21:24 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 21:24 WIB
Donny Alamsyah

Fimela.com, Jakarta Aktor Donny Alamsyah akhirnya keluar dari zona nyaman. Biasanya bermain film action, kali ini dia menunjukkan kebolehan aktingnya di serial drama yang berjudul Sajadah Panjang.

Dalam serial tersebut, Donny Alamsyah berperan sebagai Andhika, seorang ayah yang sangat mencintai keluarga kecilnya. Namun rupanya di balik keharmonisan itu, ia melakukan poligami dengan perempuan lain hingga memiliki anak.

Donny Alamsyah mengatakan awalnya sempat kebingungan saat mendapat karakter tersebut, apalagi sangat bertolak belakang dengan dirinya. Tetapi setelah didalami, ia bisa memerankannya dengan baik.

"Pas awal baca ceritanya, ribet banget dan mikir ini gimana caranya yah karena semua itu bukan hal yang harus dijalanin juga. Tapi setelah dipelajari pelan-pelan karakternya, kendalanya bakal apa saja, gimana caranya bangun chemistry dengan pemain lain, yah alhamdulillah mereka (para pemain lain) sangat membantu sekali," ujar Donny Alamsyah saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (5/5/2021).

Cut Mini Bantu Dirinya Berakting

Donny Alamsyah
Donny Alamsyah (Istimewa)

Lebih lanjut Donny Alamsyah mengatakan bisa memerankan karakter tersebut juga atas bantuan lawan mainnya, Cut Mini yang berperan sebagai istrinya yang bernama Aida. Kata dia, pemenang Piala Citra itu sempat cuek dengannya di lokasi syuting demi mendalami karakter.

"Saya lihat bagaimana sikapnya Cut Mini ke saya di setiap set. Saya sampai bingung ini yang di depan gue itu, Mini atau Aida ya? Sampai gue harus bisa cari momen pas sama dia buat ngomong baik-baik," ujar pria 42 tahun itu.

"Kadang dia suka keceplosan ngomong cetus ke gue kadang dia bilang 'maafin gue ya, gue nggak demen banget nih sama elu (karakter di film)'. Terus gue bilang, 'lu keluarin deh yang lu ga suka dari gue, tapi setelah itu yaudah coba diskusi lagi sama gue dan segala macam'. Dia itu sangat membantu banget buat gue. Oh ini rasanya jadi suami yang punya kesalahan besar sama keluarga," tambahnya.

Pelajaran Donny Alamsyah

Donny Alamsyah
Donny Alamsyah (Istimewa)

Pertama kali memerankan karakter pria poligami, Donny Alamsyah jadi dapat banyak pelajaran hidup. Menurutnya sosok karakter Andhika tidak bisa berkomunikasi dengan baik dengan keluarga kecilnya, padahal hal itu sangat penting untuk dilakukan.

"Dia nggak jujur sih. Kesalahan dia nggak komunikasi, ngumpat-ngumpat, nggak gentle, main belakang, main curang, itu sih," kata pria kelahiran Jakarta, 7 Desember 1978 itu.

"Sementara di depan anak-anaknya dia selalu ngomong dan mendidik anak-anaknya untuk jadi anak yang bijaksana, laki-laki yang berani, tanggung jawab. Sedangkan dia tidak bertanggung jawab. Itu yang bikin anak kecewa," jelasnya.

Sajadah Panjang sendiri bercerita tentang kisah Andhika (Donny Alamsyah) dengan keluarganya yang penuh cinta, yakni sang istri Aida (Cut Mini) serta tiga anaknya: Arya (Arbani Yasiz), Adinda (Hasyakila), dan Ariel (Rafi Sanjaya). Namun kebahagiaan itu berubah setelah Andika memiliki istri kedua yang baru saja meninggal dunia bernama Kartika.

Dari hasil pernikahannya dengan istri kedua, Andhika memiliki seorang anak bernama Aisyah (Annisa Kaila). Sebagai bapak yang bertanggung jawab, ia bersikeras untuk membawa Aisyah masuk dalam keluarga Aida dan anak-anaknya.

Serial Sajadah Panjang bakal tayang mulai 6 Mei 2021ekslusif di aplikasi MAXstream setiap Senin dan Kamis. Serial tersebut berjumlah 13 episode dengan durasi kurang lebih 30 menit.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓