Sukses

Entertainment

Didorong Tembus Pasar Internasional, Ivan Gunawan dan Irfan Hakim Pamer Karya di ii-Motion 2021

Fimela.com, Jakarta Selain sebagai presenter, nama Ivan Gunawan dan Irfan Hakim juga dikenal sebagai pebisnis di bidang fesyen. Hasil karya terbaik mereka dalam hal pakaian pun dipamerkan dalam sebuah event besar bertajuk ii-Motion 2021.

ii-motion sendiri merupakan kepanjangan dari Indonesia Industrial Moslem Exhibition. Event tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni 3 sampai 5 Juni 2021 secara virtual atas inisiasi dari Direktorat Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dalam rangka mendukung kemajuan industri halal dan busana muslim di Tanah Air menuju pasar global.

"Kita adalah negara dengan penduduk muslim terbesar, 12,7 persen dari total penduduk muslim di dunia. Kita melihat pasar penduduk muslim dunia ini kan butuh makanan, pakaian, kosmetik dan barang halal lainnya dan itu potensinya sangat besar jadi kita harus jadi pelaku industrinya," ungkap Gati Wibawaningsih selaku Dirjen IKMA dalam pembukaan ii-Motion 2021.

Tak Cuma Tentang Fesyen

Selain Ivan Gunawan dan Irfan Hakim, beberapa desainer top Tanah Air seperti Jenahara, Ida Royani, Itang Yunasz dan Khanaan Shamlan juga ikut meramaikan acara tersebut. Namun, sesuai namanya, ii-motion 2021 tak sekedar menjadi ajang untuk para desainer mencuri perhatian publik, melainkan juga sektor lain seperti makanan, farmasi, kosmetik, dan beberapa lainnya yang berkonsep halal.

"Kesempatan pelaku IKM Indonesia untuk masuk pasar dunia sangat besar, sayang apabila kita tidak menggunakan potensi ini. Maka itu, kami fasilitasi dengan pameran ii-Motion agar produk Indonesia bisa menembus ekspor," kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Tentang ii-motion 2021

ii-Motion 2021 sendiri mengusung tema besar Indonesian Halal Industry Today. Pamerannya diikuti sebanyak 142 peserta yang berasal dari kelompok komoditas makanan dan minuman, fesyen, sepatu, tas, perhiasan, kosmetik serta peralatan rumah tangga.

Tak sampai di situ, ada pula sejumlah kegiatan menarik seperti webinar dan talkshow dengan berbagai pembahasan, demo make up dan hijab, demo barista, serta demo masak. Selain itu, terdapat pula fasilitas dari Ditjen berupa Pojok Fasilitasi yakni Klinik Desain Merek dan Kemasan, Klinik Kekayaan Intelektual dan pojok pamer para pemenang penghargaan dari Ditjen IKMA.

"Kami melihat kita jangan jadi pasar, tapi jadi pelaku. Kita harus jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk menuju pasar dunia. Ini (penyelenggaraan ii-motion 2021) dalam rangka persiapan Indonesia memenuhi pasar halal di global," kata Gati Wibawaningsih.

Saksikan Video Menarik Berikut

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading