Sukses

Parenting

15 makanan yang baik untuk kesehatan ibu hamil, catat ya

Fimela.com, Jakarta Saat hamil menjaga pola makan untuk memenuhi kebutuhan si kecil dalam kandungan sangat penting. Mengonsumsi makanan sehat dan dapat diserap dengan cepat oleh tubuh pun perlu dilakukan.Salah satu kandungan penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah zat besi. Sayangnya tidak semua makanan mengandung zat besi yang cukup.

Makanan yang kaya akan zat besi sebenarnya mudah ditemukan dan diolah. Tapi faktanya makanan yang mengandung zat besi sukar diserap tubuh. Nah, agar zat besi mudah diserap oleh tubuh, sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya, melon. Lantas, sumber makanan apa saja sih yang kaya akan kandungan zat besi yang mudah diperoleh dan diolah oleh ibu hamil? Berikut adalah makanan yang mengandung zat besi.

1. Bayam

Sayuran hijau ini kaya akan kandungan zat besi. Tidak hanya itu, bayam juga kaya akan kandungan folat yang baik untuk perkembangan otak si kecil. Selain itu, bayam juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah sangat disarankan untuk ibu hamil. Kandungan zat besinya baik untuk kesehatan. Nah, pastikan memasak daging merah ini dengan sempurna.

3. Hati Ayam

Rasanya yang enak bisa menjadi favoritmu. Pastikan memasaknya hingga matang sempurna. Hati ayam ini tinggi kandungan zat besi.

Makanan tinggi zat besi lainnya

4. Kacang Merah

Sebagai sup, campuran kudapan yang lezat bisa menjadi pilihanmu. Kacang merah banyak mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan ibu hamil.

5. Tomat

Selain kaya akan kandungan zat besi, tomat juga kaya akan kandungan vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu tomat juga baik untuk mencegah diabetes.

6. Ikan

Mengonsumsi ikan bagi ibu hamil sangat baik, karena mengandung Omega-3, DHA, protein dan asam folat. Kandungan ini sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

 

7. Yoghurt

Tidak hanya rasanya yang enak, yoghurt ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Pilih yoghurt yang rendah lemak.

8. Sereal

Sarapan sereal dari gandum utuh sangat baik untuk kesehata ibu hamil. Pastikan mengonsumsinya dengan susu rendah lemak. Selain praktis, sereal juga memiliki rasa yang enak.

9. Kismis

Bagi penggemar makanan manis tentu tidak asing dengan kismis. Buah anggur yang dikeringkan ini memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan ibu hamil, selain tinggi zat besi kismis juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

10. Roti Gandum

Selain tinggi zat besi, rotoi gandum ternyata baik untuk kesehatan pencernaan i9bu hamil. Pencernaan yang lancar akan menjaga metabolisme ibu hamil.

Kacang tanah, telur dan beras merah menjadi pilihan

11. Kacang Tanah

Selain mengandung zat besi yang tinggi, kacang tanah juga memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, vitamin E dan juga Vitamin K, dan kandungan-kandungan ini menjadikan kacang tanah dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.

12. TelurTelur

Sangat baik untuk membantu meningkatkan perkembangan syaraf otak dan janin. Selain itu telur juga kaya akan kandungan zat besi.

13. Tempe

Sebagai sumber protein selain dari daging. Selain itu tempe juga kaya akan vitamin B12 dan baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

14. Beras Merah

Selain baik untuk diet, beras merah juga kaya akan kandungan zat besi yang dapat mencegah anemia. Selain itu beras merah juga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

15. Tiram

Salah satu jenis seafood ini memang banyak penggemarnya. Nah, ibu hamil sangat cocok untuk mengonsumsi makanan ini. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan sajian ini ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading