Sukses

Parenting

Orangtua kecanduan gadget bisa sebabkan anak berperilaku buruk

Fimela.com, Jakarta Semua sudah tahu jika gadget memang memegang peranan yang penting dalam kehidupan. Gadget membuat semua hal jadi lebih mudah dan praktis. Nah, jika tak berhati-hati, gadget ternyata bisa sebabkan hubungan orangtua dan anak kurang baik lho. Bagaimana bisa sih?

Well, anak bisa berperilaku buruk jika orangtua terlalu kecanduan gadget. Ini karena anak kurang mendapat perhatian dari orangtua, sikap abai yang ditunjukkan orangtua terhadap anak membuat anak merasa tersisihkan. Interaksi dengan anak pun jadi berkurang dan ada pun interaksi, umumnya tidak terjalin dengan baik.

Sebagai orangtua sebaiknya memang pandai mengatur waktu terutama saat akan menggunakan gadget. Saat sedang mengasuh anak sebaiknya letakkan gadget jika memang tak sedang butuh sekali.

Bonding antara anak dan orangtua memang memegang peranan yang sangat penting dalam tumbuh kembang si kecil. Sebisa mungkin selalu lakukan kontak dengan si kecil. Ini karena sentuhan ibu memiliki manfaat bagi ibu dan anak untuk membangun hubungan yang mendalam dan mengembangkan diri anak.

Sentuhan ibu penting karena anak bisa merasa terhubung dengan ibu, bonding, serta anak dapat merasa rileks. Sentuhan kasih sayang akan mengeluarkan hormon oksitosin, hormon ini menghasilkan ketenangan yang membuat si kecil siap untuk belajar dan mengontrol emosi.

Nah, sebisa mungkin selalu batasi penggunaan gadget ya Sahabat Fimela. Ini juga bisa jadi contoh untuk si kecil agar tak menomorsatukan gadget dan bisa bersosialisasi dengan sekitarnya dengan baik.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading