Sukses

Parenting

Anak sering ngompol, ibu harus bagaimana?

Fimela.com, Jakarta Anak mengompol sudah jadi kegiatan sehari-hari yang dialami para ibu. Orangtua sering direpotkan dengan banyaknya tugas tambahan seperti mencuci kasur dan pakaian bekas ompolan. Lalu, apa sih yang seharusnya dilakukan oleh para ibu untuk mengajari si kecil saat mereka masih saja suka mengompol?

Sebenarnya mengompol itu normal bagi anak di usia 6-7 tahun yang memang masih kesulitan untuk mengontrol kandung kemih mereka. Setelah mengompol, anak pasti akan didera rasa bersalah serta malu.

Nah, untuk menyiasati masalah ini, ibu sebaiknya harus benar-benar sabar dan pengertian. Jangan memarahi atau menghukum anak setelah mereka mengompol. Berikan pengertian dengan sabar dan ajak mereka mengganti sprei dan baju mereka. Jelaskan bahwa mengompol itu adalah proses mereka menjadi dewasa dan mereka harus belajar untuk tidak lagi mengompol.

Untuk melatih agar mereka tak lagi mengompol ada baiknya membiasakan anak buang air kecil sebelum tidur. Usahakan buat jarak antara 20 sampai 30 menit sebelum jam tidur bagi anak untuk minum air. Setelah 30 menit berlalu setelah minum air, ajak si anak untuk buang air kecil. Ini agar kandung kemihnya kosong saat anak tidur.

Hindari pula memberikan minuman pada anak seperti cokelat hangat, susu coklat, dan teh sebelum tidur. Minuman tersebut adalah minuman berkafein, di mana kafein mengandung diuretik yang bisa memicu buang air kecil.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading