Sukses

Parenting

Tak harus setiap hari, ini waktu ideal untuk mandikan bayimu

Fimela.com, Jakarta Salah satu kegiatan yang bikin ibu baru sedikit deg-degan adalah memandikan si kecil. Rasanya seperti masih belum siap dan takut si kecil jatuh. Well, nyatanya memang tak harus setiap hari kok bayi dimandikan. Ini karena kulit bayi dan orang dewasa itu jauh berbeda.

Bayi sebenarnya tidak perlu dimandikan setiap hari, bisa sekitar 2-3 kali seminggu. Tapi bayi harus di waslap setiap hari pada muka, leher, dan pantatnya dengan hati-hati. Satu hal yang wajib diingat adalah basuh tubuh bayi saat ia dalam keadaan bangun atau terjaga.

Bayi tidak perlu mandi setiap hari karena sebenarnya bayi yang baru lahir sampai yang belum bisa merangkak tidak terlalu kotor. Terlalu sering mandi akan membuat kulitnya cepat kering dan bisa iritasi. Bayi juga dua kali lebih mudah mengalami permasalahan kulit sehingga harus hati-hati merawat kulitnya.

Kulit bayi lebih mudah iritasi karena lebih tipis dan rapuh dari orang dewasa dan membutuhkan perawatan yang sangat lembut. Kulitnya pun menyerap dan menurunkan kelembaban lebih cepat. Setelah lahir kulit bayi masih perlu adaptasi dengan dunia luar. Mandi terlalu sering bisa membuat kulit bayi yang masih beradaptasi ini menjadi lebih cepat kering.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading