Sukses

Parenting

Manfaat menyusui untuk kesehatan ibu: cegah kanker payudara

Fimela.com, Jakarta ASI memang mengandung banyak sekali gizi dan nutrisi untuk bayi. Ternyata tak cuma itu saja, ibu yang menyusui juga bisa mendapatkan manfaat luar biasa dari menyusui. Salah satu manfaat yang bisa dirasakan ibu dari memberikan ASI adalah tercegah dari risiko kanker payudara.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa semakin lama seorang ibu menyusui buah hatinya, semakin berkurang pula kemungkinan ia terserang kanker payudara. Saat hamil, seorang ibu bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara karena menurunnya hormon estrogen dalam tubuh. Ketika menyusui ternyata hormon tersebut juga berubah. Apabila estrogen dalam tubuh sedikit, sedikit pula risiko terkena kanker.

Menyusui juga dapat menyebabkan perubahan pada pembuluh dalam payudara dan membuat sel-sel dalam payudara menjadi kuat melawan kanker payudara. Selain itu, menyusui akan memperkuat ikatan antara ibu dan anak yang memberikan dampak psikologis positif bagi sang ibu.

Jika memang tak ada kesulitan dalam menyusui, alangkah baiknya untuk memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Ini karena manfaat tak akan hanya dirasakan buah hati, namun juga sang ibu. Semoga informasi ini menginspirasi ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading