Sukses

Parenting

Agar anak mau makan sayur dan buah, begini caranya

Fimela.com, Jakarta ­Anak merupakan anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada setiap orangtua. Karena itulah, orangtua penting merawat anak dengan sangat baik. Orangtua juga penting memberikan makanan dan minuman yang kaya nutrisi seperti halnya sayur dan buah.

Anak yang mau makan sayur dan buah bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Anak yang mau makan sayur dan buah juga akan memiliki kesehatan yang maksimal hingga ia dewasa kelak. Sayangnya, anak sering kali menolak untuk makan sayur dan buah. Agar anak mau makan sayur dan buah, melansir dari laman todaysparent.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua.

Cara tersebut antaranya adalah sebagai berikut.

Beri contoh anak

Ketika orangtua ingin anaknya suka makan sayur dan buah, hal yang penting dilakukan adalah memberikan contoh untuk makan sayur dan buah. Orangtua penting mengajak anak makan sayur dan buah bersama-sama. Anak umumnya akan meniru apa yang dilakukan orangtua, termasuk meniru sikap orangtua yang suka sayur dan buah.

Jadikan aktivitas makan sayur dan buah sebagai aktivitas menyenangkan

Usahakan untuk menjadikan aktivitas makan sayur dan buah sebagai aktivitas yang menyenangkan buat anak. Ajak anak memilih sayur dan buah yang diinginkan. Ajak pula anak untuk mengupas buah dan memasak sayur bersama. Potong buah-buahan dengan potongan yang berbentuk unik seperti halnya bentuk hewan. Ini akan membuat anak semakin suka pada buah-buahan.

Jangan paksa anak jika ia tak suka

Pilih sayur dan buah dengan warna beragam

Makanan yang memiliki warna beragam umumnya sangat disukai anak. Ini juga berlaku pada warna buah yang beragam. Jadi, usahakan untuk memberikan sayur dan buah dengan warna beragam dan berganti-ganti setiap harinya pada anak.

Jangan paksa anak jika ia tak mau makan sayur dan buah

Jika anak sedang tidak mau makan sayur dan buah, jangan paksa anak untuk memakannya. Memaksa anak untuk makan sayur dan buah hanya akan membuatnya trauma dan semakin membenci sayuran serta buah.

Itulah beberapa cara yang bisa diakukan agar anak mau makan sayur dan buah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading