Kebiasaan sederhana yang bikin anak tak mudah sakit

Ivana Okta28 Okt 2018, 15:15 WIB
Cuci tangan

Fimela.com, Jakarta Anak yang sehat akan bisa menjalani semua aktivitas dengan lancar. Saat anak sakit tentu orangtua akan merasa sedih dan gundah. Karena itulah alangkah lebih baiknya mencegah daripada mengobati. Jika ingin anakmu tak mudah sakit, coba ajarkan kebiasaan sederhana ini Sahabat Fimela.

Anak-anak adalah peniru ulung. Mereka bisa dengan mudah meniru apa yang dilakukan orang dewasa, khususnya orangtua mereka. Nah, sebagai orang tua, kita pun perlu memperlihatkan kebiasaan-kebiasaan baik agar mereka bisa meniru. Salah satunya adalah mencuci tangan dengan rutin.

Mencuci tangan secara teratur bisa mengurangi peluang penularan penyakit pernapasan dan pencernaan. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah makan, atau setelah melakukan aktivitas. Agar kegiatan mencuci tangan bisa lebih menyenangkan, lakukan sambil menyanyikan sebuah lagu ceria.

Selain itu mencuci tangan harus benar-benar bersih, setidaknya harus menggosok tangan dengan sabun selama 15-20 detik. Berikan contoh yang baik dengan rutin mencuci tangan. Dengan begini si kecil pun akan terbiasa dan mencuci tangan sebelum dan sesudah aktivitas.

Jika anak sudah diajarkan kebiasaan baik sejak dini, maka ia pun bisa terus melakukan kebiasaan baik tersebut hingga dewasa.