Sukses

Parenting

Cara nyaman menyusui saat bayi mulai tumbuh gigi

Fimela.com, Jakarta Menyusui akan jadi tantangan tersendiri bagi setiap ibu. Ini akan jadi makin pelik saat si kecil sudah mulai tumbuh gigi. Rasa gatal yang dirasakan si kecil pada gusi akan membuatnya sering menggigit puting payudara. Lalu, apa sih yang sebaiknya dilakukan agar tetap nyaman selama menyusui?

  • Yang pertama ibu bisa memberikan mainan untuk digigit sebelum dan sesudah memberikan ASI. Mainan kenyal atau teether ini akan membantu menenangkan rasa di gusinya. Sebaiknya dinginkan dulu di lemari es sebelum memberikannya pada si kecil.
  • Nah, ibu juga bisa memijat gusi si kecil dengan jari ibu. Balut jari dengan kain kassa steril dan bersih lalu pijat lembut gusi si kecil. Ini akan memberikan rasa nyaman di gusinya yang mulai memerah karena tumbuh gigi. Si kecil pun bakal jarang mengigit puting.
  • Ibu juga bisa menyelipkan jari di antara mulut bayi dan puting. Ini akan mencegahnya menggigit puting.

Ibu ternyata juga harus pandai menyembunyikan ekspresi saat si kecil menggigit puting payudara. Reaksi yang ditimbulkan kadang bisa mengagetkan si kecil dan membuatnya trauma untuk menyusu lagi atau sebaliknya, si kecil akan menganggap ibu menggodanya dan akan makin sering menggigit puting dengan sengaja.

Menyusui memang memiliki banyak sekali tantangan. Karena itu ibu harus kuat dan bisa memberikan asupan nutrisi terbaik demi tumbuh kembang si kecil. Semoga ulasan ini memberikan manfaat untukmu ya Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading