Sukses

Parenting

Jangan dibentak, begini cara agar anak menurut pada orangtua

Fimela.com, Jakarta Setiap orangtua pasti punya cara sendiri dalam mendidik anak-anak mereka. Semua orangtua jelas ingin yang terbaik untuk anaknya, karena itulah pola didiknya pun disesuaikan dengan si anak tersebut. Apapun cara mendidiknya, sebaiknya hindari cara keras seperti membentak atau sampai memukul anak karena hanya akan membuatnya makin memberontak.

Lalu, apa sih yang sebaiknya dilakukan orangtua agar si anak mau menurut? Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dicoba tanpa harus membentak si kecil.

  • Yang pertama, orangtua sebaiknya menggunakan bahasa yang positif di depan anak. Sebisa mungkin hindari penggunaan kata jangan, nggak boleh, dan sejenisnya. Seperti yang dilansir oleh familyshare.com, agar anak merasa percaya diri dan nyaman, orangtua perlu menggunakan kata-kata yang positif. Jelaskan apa yang seharusnya dilakukan oleh anak. Misalnya, "Tolong bawa piring-piring kotor ini ke bak cucian, ya. Terima kasih."
  • Lakukan kontak mata namun hindari pandangan yang mengancam. Pastikan anak merasa diperhatikan oleh orangtua. Dengan begini anak akan lebih nyaman saat dekat denganmu.
  • Jelaskan pada anak soal apa yang harus mereka lakukan, apa alasan mereka, dan bagaimana mereka bisa menyelesaikannya dengan bahasa yang positif dan asertif. Orangtua juga harus tahu mood anak. Ketahui apakah anak sedang lelah, marah, kecewa, cemas, atau mengkhawatirkan sesuatu, perhatikan raut wajahnya. Sebisa mungkin jangan menghakimi anak.

Hal terpenting adalah komunikasi antara orangtua dan anak. Selalu luangkan waktu untuk bertukar pikiran dengan si kecil. Dengarkan ceritanya adan ketahui hari-harinya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading