Sukses

Parenting

Mengenal bahaya bayi sungsang selama di kandungan

Fimela.com, Jakarta Bayi sungsang merupakan kondisi bisa terjadi pada setiap perempuan yang mengandung. Mengenai bayi sungsang, ini merupakan kondisi di mana bayi berada dalam posisi yang tidak seharusnya.

Jika umumnya bayi di dalam kandungan yang akan lahir posisi kepalanya di bawah, bayi sungsang posisi kepalanya justru di atas atau di samping. Ada beberapa tipe bayi sungsang dalam kandungan.

Tipe tersebut antaranya adalah bayi sungsang dengan bagian pantat di bawah sementara kakinya lurus dengan gerakan bayi. Bayi sungsang juga ada yang pantatnya di bawah sementara kakinya bersila atau melipat dekat pantat. Bayi sungsang selanjutnya ada bayi sungsang yang salah satu kakinya masuk ke panggul. Terakhir, ada bayi sungsang dengan posisi lutut di bagian bawah dan kakinya terlipat.

 

Bahaya bayi sungsang

Perlu kita tahu jika saat posisi bayi di kandungan sungsang, ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan bayi maupun ibu. Bayi sungsang juga sangat memungkinkan menyebabkan cidera selama kelahiran jika kelahirannya dipaksakan dilakukan secara normal.

Bahaya bayi sungsang lainnya adalah bayi bisa mengalami komplikasi atau risiko cacat. Ahli kesehatan anak menyebutkan jika bayi sungsang juga berisiko memiliki berat badan kurang mengingat adanya gangguan atau masalah di rahim. Bayi sungsang bahkan bisa mengalami komplikasi tali pusat sehingga harapan hidupnya bisa sangat kecil.

Melansir dari laman hamil.co.id, meskipun bayi sungsang sangat mengkhawatirkan dan berbahaya, kondisi ini masih bisa diubah dengan berbagai cara. Untuk mengetahui perkembangan bayi di kandungan, penting bagi ibu hamil memeriksakan kandungannya di bidan atau dokter terdekat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading