Sukses

Parenting

Cara mengubah posisi bayi sungsang selama di kandungan

Fimela.com, Jakarta Ketika mengandung atau hamil, risiko bayi sungsang di dalam kandungan adalah risiko yang besar kemungkinannya bakal terjadi. Bayi sungsang sendiri adalah kondisi di mana posisi bayi di dalam kandungan tidak seperti seharusnya.

Melansir dari laman hellosehat.com, bayi sungsang umumnya akan dilahirkan secara caesar. Ini mengingat adanya berbagai bahaya yang mengancam ketika bayi sungsang dipaksakan dilahirkan secara normal. Bahaya tersebut antara lain adalah risiko bayi cacat, mengalamo cidera serius hingga bayi lahir dalam kondisi meninggal.

Mengenai masalah bayi sungsang, sebenarnya ini bisa diatasi dengan mengubah posisi bayi di kandungan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah posisi bayi tersebut. Cara tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Mengikuti senam hamil secara khusus dari instruktur. Senam hamil bermanfaat membantu peregangan otot dan memperbaiki posisi janin di kandingan yang kurang tepat. Senam hamil juga akan membuat ibu bayi lebih sehat, kuat dan siap saat dihadapkan pada proses persalinan normal.
  2. Melakukan gerakan sujud menjelang masuk perkiraan lahiran. Posisi sujud bisa membantu setiap ibu hamil mencegah bayi sungsang atau bahkan mengembalikan posisi sungsang bayi.
  3. Melakukan pijatan lembut menjelang persalinan. Pijatan ini harus dilakukan sendiri dengan pijatan yang sangat lembut juga penuh cinta agar janin di kandungan merasa lebih nyaman.
  4. Ibu hamil disarankan mengonsumsi berbagai makanan yang kaya nutrisi dan vitamin. Mengonsumsi makanan manis secukupnya juga penting dilakukan. Ini agar ibu maupun janin di dalam kandungan lebih berenergi. Ibu akan lebih berenergi saat persalinan sementara janin akan berenergi untuk kembali ke posisi normalnya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah posisi bayi sungsang selama di kandungan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading